RANCANG BANGUN PERANTI PENCACAH DAN PENGONTROL GERAK MOTOR LANGKAH PADA SISTEM TOMOGRAFI KOMPUTER TRANSLASI-ROTASI BERBASIS ARDUINO UNO

ALAIK MURTADLO, 081211332012 (2017) RANCANG BANGUN PERANTI PENCACAH DAN PENGONTROL GERAK MOTOR LANGKAH PADA SISTEM TOMOGRAFI KOMPUTER TRANSLASI-ROTASI BERBASIS ARDUINO UNO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT MPF. 04.17 Mur r.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang rancang bangun peranti pencacah dan pengontrol gerak motor langkah. Kedua peranti ini akan digunakan dalam rancang bangun sistem tomografi komputer translasi rotasi. Sistem tomografi komputer translasi rotasi merupakan sistem tomografi yang paling sederhana karena menggunakan satu sumber radiasi dan satu detektor. Kedua peranti disusun dengan menggunakan arduino uno. Kinerja dari peranti yang telah dibuat diuji kelinierannya serta diuji kestabilannya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peranti pencacah dan pengontrol gerak motor langkah sudah cukup linier dan cukup stabil. Peranti selanjutnya dirangkai sehingga menjadi sistem tomografi komputer translasi-rotasi. Sistem tomografi komputer translasi-rotasi digunakan untuk melakukan pemayaran dengan objek segitiga sama sisi dan lingkaran dengan tiga lubang didalmnya dari bahan kuningan. Proses pemayaran dilakukan dengan variasi resolusi yaitu resolusi rendah (31x31 piksel), resolusi menengah (63x63 piksel), dan resolusi tinggi (127x127 piksel). Hasil rekonstruksi citra pada data pemayaran dianalisis secara visual dengan obyek aslinya. Dari hasil analisis visual diperoleh hasil bahwa untuk obyek segitiga sama sisi dan lingkaran dengan tiga lubang masih belum sama dengan objek aslinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPF. 04/17 Mur r
Uncontrolled Keywords: Tomografi computer translasi-rotasi, Peranti pencacah, Peranti pengontrol gerak motor langkah, mikrokontroler, arduino uno.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Q Science > QC Physics > QC851-999 Meteorology, Climatology (including the earth's atmosphere)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
ALAIK MURTADLO, 081211332012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Ain, Dr., ST., MSi.UNSPECIFIED
Thesis advisorImam Sapuan, S.Si., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 02 Aug 2017 21:48
Last Modified: 02 Aug 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59769
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item