PESANTREN MAHASISWA (Studi Deskriptif Fungsionalisme Robert K. Merton pada PesmaBaitul Hikmah di Gubeng Kertajaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya)

HABIB AHMAD, 071117004 (2017) PESANTREN MAHASISWA (Studi Deskriptif Fungsionalisme Robert K. Merton pada PesmaBaitul Hikmah di Gubeng Kertajaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 01-17 Ahm p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang studi fungsional pesantren mahasiswa pada PesmaBaitul Hikmah di Gubeng Kertajaya, kecamatan Gubeng, kota Surabaya. Fokus kajian penelitian mencakup pertanyaan, yaitu bagaimana fungsi manifes dan fungsi laten Pesantren Mahasiswa Baitul Hikmah?Studi penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Teknik penggalian data melalui wawancara, observasi-partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berkala sejak proses pengumpulan data dilakukan hingga berakhirnya penelitian. Pertama, data dikumpulkan secara keseluruhan kemudian dilakukan kategorisasi sesuai dengan tema-tema yang berhubungan. Data-data yang dinilai tidak ada kaitannya dengan topik penelitian kemudian dipisahkan dan hanya data yang memiliki keterkaitan saja yang digunakan dalam menyusun analisis data. Kemudian data diinterpretasikan dengan menggunakan teori yang telah ditentukan. Dan akhirnya peneliti mendeskripsikannya ke dalam laporan penelitian berupa deskripsi naratif. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa pesantren mahasiswa Baitul Hikmah sebagai suatu perkumpulan khusus dalam ranah pendidikan keagamaan mempunyai fungsi manifesantara lain sebagai lembaga pendidikan keagamaan, lembaga dakwah dan pelayanan masyarakat. Sedangkan dalam fungsinya secara laten, PesmaBaitul Hikmah menjadi sarana bagi santri untuk menambah link sosial, mendapatkan penghasilan, biaya tempat tinggal yang murah dan membuat santri-santrinya memperoleh keistimewaan dan prestise di masyarakat serta menciptakan solidaritas sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 01/17 Ahm p
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Pesma, Fungsi Manifes dan Laten
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
HABIB AHMAD, 071117004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs. , MA.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 19:23
Last Modified: 06 Aug 2017 20:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item