KARAKTERISTIK EPIGENETIKA PADA UPPER VISCEROCRANIUM DAN BAGIAN DAHI TENGKORAK JAWA DAN PAPUA BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN

IZZUDIN ARAFAH IRAWAN, 071211733044 (2017) KARAKTERISTIK EPIGENETIKA PADA UPPER VISCEROCRANIUM DAN BAGIAN DAHI TENGKORAK JAWA DAN PAPUA BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 03-17 Ira k.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Epigenetika merupakan sebuah studi yang berhubungan dengan genetika dan lingkungan. Ras, kronologis migrasi dan letak geografis berpengaruh terhadap variasi epigenetika. Studi ini dipakai diantaranya dalam konteks evolusi, pengaruh lingkungan dan penghunian suatu daerah, dan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik epigentika pada upper viscerocranium tengkorak Jawa dan Papua berdasarkan jenis kelamin. Sampel penelitian merupakan koleksi Laboratorium Anatomi dan Histologi, Fakultas Kedokteran yang berjumlah 40 tengkorak. Jumlah sampel terdiri dari 19 tengkorak laki-laki dan 6 tengkorak perempuan Jawa dan 9 tengkorak laki-laki dan 7 tengkorak perempuan Papua. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penerapan seratus tujuh belas karakteristik epigenetika pada upper viscerocranium dan bagian dahi menunjukkan kecenderungan pada karakteristik persistensi supranasal suture, jumlah canal pada supraorbital osseous structures kanan, derajat ekspresi frontal groove, derajat ekspresi infraorbital foramen kiri, jumlah infraorbital foramen kanan, derajat ekspresi zygomaxillary tubercle kanan, lokasi zygomaxillary tubercle kanan. Hasil pengujian lain tidak menunjukkan kecenderungan pada karakter pada populasi Jawa dan Papua, dan Jawa berdasarkan jenis kelamin serta Papua berdasarkan jenis kelamin. Ini menandakan adanya karakteristik yang khas dari kedua populasi dan kedua jenis kelamin. Karakteristik ini sebagai akibat pernah bercampurnya kedua populasi pada akhir Pleistosen dan perbedaan signifikan disebabkan perbedaan letak geografis dan beda ras dari kedua populasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 03/17 Ira k
Uncontrolled Keywords: Karakteristik epigenetika, upper viscerocranium, Jawa, Papua
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
IZZUDIN ARAFAH IRAWAN, 071211733044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr., Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 19:36
Last Modified: 06 Aug 2017 19:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59865
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item