TREN TINGGI BADAN BERDASARKAN JARAK TEMPAT KELAHIRAN ORANG TUA DENGAN TEMPAT TINGGAL: STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Rintis Alun Atthahar, 071211733023 (2017) TREN TINGGI BADAN BERDASARKAN JARAK TEMPAT KELAHIRAN ORANG TUA DENGAN TEMPAT TINGGAL: STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangg.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 04-17 Att t.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (481kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tinggi badan ditentukan oleh kombinasi faktor genetik dan faktor lingkungan. Tinggi badan merupakan penjumlahan dari panjang tulang-tulang panjang dan tulang-tulang pelengkap, yang sangat penting secara antropologis untuk menentukan perbedaan rasial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren tinggi badan berdasarkan jarak tempat kelahiran orangtua dengan tempat tinggal pada mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan membaca tren tinggi badan dibandingkan dengan MMR. Besaran sampel 83 mahasiswa kemudian dibedakan menurut jenis kelamin laki-laki sebanyak 48 orang dan 35 orang pada mahasiswa perempuan. Setelah data disajikan dalam tabel penyajian deskriptif dan MMR kemudian data dianalisis dengan melihat tren tinggi badan. Rata-rata tinggi badan pada lakilaki lebih tinggi daripada perempuan. Jarak tempat kelahiran dan tempat tinggal orangtua menunjukkan varian yang heterogen. Sesuai dengan hasil penelitian yang disajikan dalam tabel perbandingan nilai MMR, TB orangtua dan mahasiswa berdasarkan urutan luasan MMR diketahui bahwa semakin luas MMR memiliki tren tinggi badan mahasiswa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan orangtua, sebaliknya semakin kecil luasan MMR semakin rendah tinggi badan mahasiswa jika dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 04-17 Att t
Uncontrolled Keywords: MMR (Mean Matrimonial Radius), Tinggi Badan, faktor genetik, faktor lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Rintis Alun Atthahar, 071211733023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr. Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 19:40
Last Modified: 06 Aug 2017 20:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item