MIGRASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK TKW DI DUSUN PANGGANGLELE DESA ARJOWILANGUN KECAMATAN KALIPARE KABUPATEN MALANG

LATIFATUL FATIMAH, 071311733017 (2017) MIGRASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK TKW DI DUSUN PANGGANGLELE DESA ARJOWILANGUN KECAMATAN KALIPARE KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 05-17 Fat m.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena migrasi manca negara merupakan fenomena yang banyak diminati masyarakat luas sebagai solusi pekerjaan alternatif bagi penduduk di Indonesia. Migrasi manca negara menjadi sering dilakukan seseorang baik itu perempuan maupun laki-laki salah satunya adalah karena faktor perekonomian dan kedua karena biaya masa depan anak. Seseorang bermigrasi akan memberikan dampak bagi keluarga yaitu pada anggota keluarga tidak utuh, perubahan fungsi-fungsi keluarga dan pendidikan anak dalam keluarga. Pendidikan anak dalam keluarga akan membentuk kepribadian anak sesuai dengan apa yang disosialisasikan pada keluarga. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan adalah pada saat anak ditinggal bekerja di luar negeri sebagai TKW. Anak yang seharusnya memerlukan pengasuhan penuh oleh kedua orang tua, akan tetapi terpaksa harus ditinggal seorang ibu atau bahkan ayah bekerja dan di rumah diasuh oleh keluarga yang lain. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik suatu rumusan masalah tentang bagaimana migrasi di Dusun Pangganglele, Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang dan pengaruhnya terhadap pengasuhan anak. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data pengamatan, wawancara mendalam kepada para informan, dan dokumen. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori migrasi dan pengaruh terhadap pengasuhan anak, yang berguna untuk mengetahui migrasi dan pengaruhnya terhadap pendidikan anak dalam keluarga TKW. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwasanya komposisi penduduk di Dusun Pangganglele yang melakukan migrasi manca negara didominasi perempuan dibandingkan laki-laki. Pengaruh-pengaruh dari migrasi manca negara dirasakan pada keadaan pereknomian keluarga yang semakin kearah positif, namun juga memiliki pengarush negatif seperti hubungan dengan suami renggang, hal lain adalah pada pendidikan anak, positifnya adalah kebutuhan anak menjadi dengan mudah terpenuhi, namun pada proses sosialisasi kepada anak menjadi terganggu. Anak di didik oleh pengasuh seperti ayah, tante, kakak dan nenek. Anak tidak mendapatkan pengasuhan langsung oleh ibu atau bahkan ayah (keuda orang tua) karena harus bekerja. Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi pendidikan yang diterima anak dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 05/17 Fat m
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pengasuhan Anak dan Migrasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
LATIFATUL FATIMAH, 071311733017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs. , M.siUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 19:49
Last Modified: 06 Aug 2017 20:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item