KERAGAMAN KEBAYA PENGANTIN GAYA SOLO (Studi Deskriptif mengenai Makna Kebaya Gaya Solo Dalam Prosesi Pernikahan di Surabaya)

QONITA NABILA, 071211731005 (2017) KERAGAMAN KEBAYA PENGANTIN GAYA SOLO (Studi Deskriptif mengenai Makna Kebaya Gaya Solo Dalam Prosesi Pernikahan di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 09-17 Nab k.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu siklus kehidupan manusia yang dialami ialah pernikahan. Pernikahan merupakan salah satu proses peralihan penting yang dimulai dari tingkat hidup remaja ke tingkat hidup berkeluarga. Pada tahap pernikahan ini masyarakat di Jawa memiliki beberapa ritual adat yang harus dilaksanakan guna untuk mensyukuri apa yang telah terjadi selama proses fase kehidupan tersebut. Pelaksanaan ritual adat pernikahan sesuai apa yang sudah diberlakukan secara turun-temurun. Dalam pelaksanaan ritual adat pernikahan terdapat unsur-unsur yang mendukung keberlangsungan prosesi ini, salah satunya ialah kebaya. Kebaya memiliki peran selama prosesi pernikahan adat Jawa. Peran tersebut terlihat ketika calon pengantin perempuan menggunakan busana kebaya selama prosesi pernikahan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh data mengenai fenomena keragaman kebaya pengantin gaya Solo di kota Surabaya. Hasil data yang didapatkan bahwa keragaman kebaya pengantin gaya Solo yang digunakan selama proses pernikahan memiliki dua konsep, yaitu kebaya tradisional dan kebaya modifikasi. Kedua konsep kebaya yang berkembang tersebut dapat diketahui dengan klasifikasi warna, bahan, dan bentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 09/17 Nab k
Uncontrolled Keywords: pernikahan, keberagaman kebaya, makna
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
QONITA NABILA, 071211731005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPinky Saptandari, Dr., Dra., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 20:10
Last Modified: 06 Aug 2017 20:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item