STRATEGI PETANI BUNGA SEDAP MALAM (POLIANTHES TUBEROSA) DALAM MENGHADAPI PASAR DI DESA PEKOREN KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN

ROBIATUL ADAWIYAH, 071211731077 (2017) STRATEGI PETANI BUNGA SEDAP MALAM (POLIANTHES TUBEROSA) DALAM MENGHADAPI PASAR DI DESA PEKOREN KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Fis. ANT 16-17 Ada s.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehidupan ekonomi petani bunga sedap malam berada dalam keadaan yang tidak menentu. Pendapatan petani bunga sedap malam tergantung pada keadaan pasar. Salah satunya adalah harga bunga yang berfluktuasi yakni Rp 300,00-Rp 5.000,00 per tangkai, untuk itu dilakukan penelitian mengenai bagaimana strategi petani bunga sedap malam di desa Pekoren, kecamatan Rembang, kabupaten Pasuruan dalam mengatasi persoalan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dan analisis data menggunakan teori moral ekonomi dan ekonomi rasional. Karena kehidupan petani memegang prinsip gotong royong dan petani juga ingin mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh petani bunga sedap malam di desa Pekoren adalah 1) Memberdayakan tenaga keluarga/kerabat untuk menutupi kekurangan modal dan kerugian akibat harga bunga sedap malam merosot. 2) Menjual hasil panen kepada juragan untuk memperoleh harga yang baik. 3) Meminjam uang kepada kerabat. 4) Melakukan diversifikasi dalam kegiatan ekonomi antara lain membuka toko kelontong, pekerjaan sampingan terutama dilakukan pada hari libur (sabtu/minggu), mengatur pola tanam secara bergantian antara padi dan bunga sedap malam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT 16/17 Ada s
Uncontrolled Keywords: Budidaya, Bunga Sedap Malam, Fluktuasi, Moral, Pasar, Petani, Rasional, Strategi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ROBIATUL ADAWIYAH, 071211731077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRustinsyah, Dr. , Dra., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Aug 2017 22:45
Last Modified: 06 Aug 2017 22:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item