HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DAN SELF EFFICACY DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA GURU TIDAK TETAP (GTT) DI KECAMATAN GALIS PAMEKASAN

CHURNIA FATMAWATI, 111414253019 (2017) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DAN SELF EFFICACY DENGAN WORK ENGAGEMENT PADA GURU TIDAK TETAP (GTT) DI KECAMATAN GALIS PAMEKASAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (full text)
Skripsi.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Profesi guru membutuhkan work engagement untuk menghasilkan kinerja yang baik. Guru tidak tetap memiliki permasalahan dalam work engagement yang ditandai dengan absensi guru, guru merasa tidak aman dengan pekerjaannya, serta kelelahan fisik dan mental yang mereka alami. Menurut Bakker dan Demerouti (2008), work engagement pada dasarnya dipengaruhi resiliensi dan self efficacy. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara resiliensi dan self efficacy dengan work engagement pada guru tidak tetap di Kecamatan Galis Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional. Sampel penelitian sebanyak 152 guru tidak tetap dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala yang diadaptasi oleh peneliti. Diantaranya skala work engagement menggunakan Utrecht Work engagement Scale (UWES) yang disusun oleh Wilmar Schaufeli dan Arnold Bakker (2003) sebanyak 17 aitem, skala resiliensi menggunakan Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) yang disusun oleh Kathryn M. Connor dan Jonathan R.T Davidson (2003) sebanyak 25 aitem, skala self efficacy menggunakan General Self efficacy scale (GSE) yang disusun oleh Jerusalem & Ralf Schwarzer (1998). Metode analisis data penelitian menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan bantuan SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara resiliensi dan self efficacy dengan work engagement. Analisis tambahan untuk mengetahui prediktor variabel dependen, hasil menunjukkan bahwa resiliensi sebagai prediktor terhadap work engagement namun self efficacy tidak dapat menjadi prediktor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 04/17 Fat h
Uncontrolled Keywords: work engagement, resiliensi, self efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
CHURNIA FATMAWATI, 111414253019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorsami'an, M.Psi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Aug 2017 23:50
Last Modified: 06 Aug 2017 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item