PENGARUH EKSTRAK BUAH KIWI (Actinidia deliciosa) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SEL FIBROBLAST PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA PASCA EKSTRAKSI GIGI TIKUS GALUR WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus)

NURUL HANDAYANI, 021311133049 (2016) PENGARUH EKSTRAK BUAH KIWI (Actinidia deliciosa) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SEL FIBROBLAST PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA PASCA EKSTRAKSI GIGI TIKUS GALUR WISTAR JANTAN (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 127-17 han p abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 127-17 han p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pencabutan gigi merupakan prosedur umum dalam kedokteran gigi, dimana prosedur tersebut menyebabkan adanya luka pada soket gigi. Proses penyembuhan luka yang panjang dapat menyebabkan komplikasi seperti, perdarahan, pembengkakan, dry socket, dan penyebaran infeksi. Perlu dikembangkan alternatif bahan yang dapat meminimalisir komplikasi dan membantu proses peyembuhan luka, salah satu yang berpotensi adalah dari bahan alami yang bersifat lebih aman. Ekstrak buah kiwi merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium, zinc dan air yang telah diketahui dapat meningkatkan jumlah sel fibroblast yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh dari aplikasi ekstrak buah kiwi (Actinidia deliciosa) pada proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi. Metode: Esktrak buah kiwi dibentuk menjadi gel dengan campuran CMC Na. Rattus norvegicus dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu 2 kelompok kontrol CMC Na (hari ke 3 dan hari ke 5) dan 2 kelompok perlakuan ekstrak gel buah kiwi (hari ke 3 dan hari ke 5). Gigi insisif kiri rahang bawah Rattus norvegicus dicabut dan binatang coba dikorbankan pada hari ketiga dan hari kelima, setelah diaplikasikan ekstrak gel buah kiwi dan CMC Na, kemudian dilakukan pemeriksaan histopatologi, untuk menghitung jumlah sel fibroblast diantara kelompok sampel. Hasil: Penelitian ini menunjukkan pengaruh dari ekstrak buah kiwi terhadap peningkatan jumlah sel fibroblast dalam proses penyembuhan luka. Perbedaan jumlah yang bermakna ditemukan antara kelompok perlakuan ekstrak buah kiwi dan kelompok kontrol CMC Na. Kesimpulan: Pengaplikasian ekstrak buah kiwi secara topikal dapat membantu proses penyembuhan luka dengan meningkatkan jumlah sel fibroblast. Kata kunci: buah kiwi (Actinidia deliciosa), penyembuhan luka, sel fibroblast.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 127-17 han p
Uncontrolled Keywords: buah kiwi (Actinidia deliciosa), penyembuhan luka, sel fibroblast.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NURUL HANDAYANI, 021311133049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Harijadi, drg., MS., SpBMM (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorRoberto M. Y, Simandjuntak, drg., MS., SpBMM (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Aug 2017 00:45
Last Modified: 09 Aug 2017 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item