APLIKASI BIOFERTILIZER DENGAN VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) VARIETAS SRITI

INTAN AYU FAIZSHANTI, 081211433030 (2016) APLIKASI BIOFERTILIZER DENGAN VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) VARIETAS SRITI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPB. 04-17 Fai a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis, frekuensi, serta kombinasi dosis dan frekuensi biofertilizer terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman terung (Solanum melongena L.) Varietas Sriti. Biofertilizer pada penelitian ini terdiri atas 3 kelompok mikroba, yaitu mikroba pemfiksasi nitrogen (Azospirillum, Azotobacter, Rhizobium), mikroba pelarut fosfat (B. megaterium, B. licheniformis, P. fluorescens, P. putida), dan mikroba pendegradasi bahan organik (S. cereviceae, L. plantarum, Cellulomonas). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan faktorial 4 x 3 dengan 10 perlakuan. Perlakuan tersebut terdiri atas kontrol negatif yaitu tanpa pemberian biofertilizer, biofertilizer 20 mL, 25 mL, dan 30 mL, dengan frekuensi satu kali, dua kali, dan tiga kali. Setiap perlakuan menggunakan 4 pengulangan. Pertumbuhan tanaman meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, biomassa akar, dan jumlah bunga. Produktivitas tanaman meliputi jumlah buah. Data hasil pengamatan pertumbuhan dan produktivitas dianalisis menggunakan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dosis biofertilizer tidak berpengaruh dalam meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas, nilai tertinggi dicapai oleh dosis 25 mL terhadap tinggi tanaman (78,87 ± 8,78 cm/tanaman), biomassa akar (20,58 ± 14,53 gram/tanaman), jumlah bunga (9,92 ± 3,08 tangkai/tanaman), jumlah buah (5,17 ± 2,75 buah/tanaman), untuk jumlah daun dosis terbaik adalah 20 mL (49,58 ± 16,63 helai/tanaman), dan panjang akar dosis terbaik adalah (8 ± 3,13 cm/tanaman). Frekuensi pemberian biofertilizer tidak berpengaruh dalam meningkatkan jumlah buah dengan frekuensi yang terbaik yaitu tiga kali, sedangkan kombinasi dosis dan frekuensi tidak berpengaruh dalam pertumbuhan dan produktivitas tanaman terung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 04-17 Fai a
Uncontrolled Keywords: biofertilizer, Solanum melongena L. Varietas Sriti, Pertumbuhan, dan Produktivitas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
INTAN AYU FAIZSHANTI, 081211433030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Prof. Dr. Ir. , DEA.UNSPECIFIED
Thesis advisorEdy Setiti Wida Utami, Dr. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Aug 2017 16:38
Last Modified: 07 Aug 2017 16:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59932
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item