PENGARUH PEMBERIAN INDOLE ACETIC ACID (IAA) DAN KINETIN TERHADAP INDUKSI KALUS DARI EKSPLAN DAUN SIRIH HITAM (Piper betle L.) MELALUI TEKNIK IN VITRO

FAIRUZ NABIL IZDIHAR, 081211433028 (2016) PENGARUH PEMBERIAN INDOLE ACETIC ACID (IAA) DAN KINETIN TERHADAP INDUKSI KALUS DARI EKSPLAN DAUN SIRIH HITAM (Piper betle L.) MELALUI TEKNIK IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (HLM DEPAN)
1. HLM DEPAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
2. BAB I-LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh Indole Acetic Acid (IAA) dan kinetin dengan berbagai kombinasi konsentrasi terhadap induksi kalus dari eksplan daun Piper betle L. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan rancangan acak faktorial. Penelitian ini terdiri atas dua perlakuan yaitu kontrol dan perlakuan uji. Perlakuan kontrol tanpa pemberian zat pengatur tumbuh. Perlakuan uji terdiri atas konsentrasi 0,5; 1; 1,5; dan 2 mg/L zat pengatur tumbuh yang dikombinasikan antara zat pengatur tumbuh IAA dan kinetin. Tiap perlakuan terdiri atas enam ulangan. Variabel terikat pada penelitian ini adalah lama waktu terbentuknya kalus, berat basah kalus, berat kering kalus dan morfologi kalus. Data lama waktu terbentuknya kalus, berat basah dan berat kering kalus dianalisis dengan menggunakan Kruskal Walis dan uji Mann-Whitney (α = 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi konsentrasi zat pengatur tumbuh IAA dan kinetin berpengaruh nyata pada lama waktu terbentuknya kalus, berat basah dan berat kering kalus. Hasil tercepat dalam lama waktu terbentuknya kalus ada pada perlakuan I0,5K0,5;I1,0K1,5;dan I2,0K2,0 di hari ke-10. Sedangkan berat basah dan berat kering kalus yang paling optimal adalah pada perlakuan I1,0K1,5 dengan nilai rerata berat basah 0,2972±0,0715 g dan nilai rerata berat kering 0,1660 ± 0,0257 g. Morfologi kalus yang diamati yaitu warna kalus dan tekstur kalus, hasil penelitian ini didapatkan warna kalus coklat hingga hitam dan bertekstur remah dan kompak setelah 8 minggu masa kultur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 05-17 Izd p
Uncontrolled Keywords: Sirih hitam (Piper betle L.), zat pengatur tumbuh, induksi kalus, produktivitas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
FAIRUZ NABIL IZDIHAR, 081211433028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJunairiah, Dr. , S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorY. Sri Wulan Manuhara, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Aug 2017 16:51
Last Modified: 07 Aug 2017 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item