PENERAPAN LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PASIEN GAGAL GINJAL YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI

KRISTIKA SADTYARUNI, 111414153016 (2017) PENERAPAN LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PASIEN GAGAL GINJAL YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (full text)
thesis lengkap Kristika final2 revisi sidang 11 Jan 17..pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas logoterapi untuk meningkatkan kebermaknaan hidup pada pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisis dengan menggunakan desain eksperimen single subject design pada 3 orang pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisis di RSUD Gambiran Kota Kediri. Alat ukur yang digunakan berupa adaptasi Purpose in Life Test (PIL test) yang dirancang oleh Crumbaugh dan Maholick (1969) berdasarkan teori kebermaknaan hidup Frankl. Analisis data menggunakan analisis deskriptif single subject design dan uji beda dengan Wilcoxon Signed rank test melalui SPSS 20 for windows. Hasil analisis visual dari ketiga subjek penelitian menunjukkan tren line meningkat. Artinya ada peningkatan kebermaknaan hidup pada saat sebelum dan sesudah dilakukan intervensi logoterapi. Pada analisis data dengan menggunakan Wilcoxon Signed rank test didapatkan nilai signifikansi pretest dan postest dengan PIL test sebesar 0,109 > 0,05, artinya terdapat perbedaan skor hasil pengukuran sebelum dan intervensi, namun perbedaan tersebut tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 12/17 Sad p
Uncontrolled Keywords: Logoterapi, kebermaknaan hidup, pasien gagal ginjal, hemodialisis.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
KRISTIKA SADTYARUNI, 111414153016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, M.Psi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2017 22:35
Last Modified: 07 Aug 2017 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60017
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item