EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA PLUS MIFTAHUL ULUM PONDOK PESANTREN “X” DI MADURA

HIELMA HASANAH, 111414153030 (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA PLUS MIFTAHUL ULUM PONDOK PESANTREN “X” DI MADURA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Hielma Hasanah (111414153030) - PERPUS.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa kelas XI SMA Plus Miftahul Ulum Pondok Pesantren “X” di Madura melalui perbedaan skor kematangan karir siswa sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan. Penelitian ini lebih difokuskan kepada siswa kelas XI sekolah menengah atas sebagai persiapan karir lanjutan dengan panduan program bimbingan karir dari Winkel (2004) dan Panduan Pelayanan Bimbingan Karir bagi Guru Bimbingan Konseling/Konselor pada satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (ILO, 2011). Tipe penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa kelas XI SMA Plus Miftahul Ulum yang memiliki skor kematangan karir rendah dengan mengacu pada indikator kematangan karir dari Savickas dan Profelli (2011). Alat pengumpul data adalah adaptasi skala career maturity inventory (Form-C). Validitas skala ini adalah validitas isi dengan reliabilitas Alpha Cronbach 0,863. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistik non parametric yaitu uji Wilcoxon signed rank test dikarenakan distribusi data tidak normal. Hasil analisa data terhadap skor subjek diperoleh nilai signifikasi 0,002<0,05 dengan perbedaan skor Z sebesar -3,066. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan kematangan karir siswa kelas XI SMA Plus Miftahul Ulum sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan berupa program bimbingan karir dimana berdasarkan perolehan nilai mean diketahui bahwa terdapat peningkatan skor kematangan karir pada subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 14/17 Has e
Uncontrolled Keywords: Program Bimbingan Karir, Kematangan Karir, Siswa SMA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HIELMA HASANAH, 111414153030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Mastuti, S.Psi.,M.Psi.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2017 22:51
Last Modified: 07 Aug 2017 22:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item