KEDUDUKAN ANAK LAKI-LAKI LUAR KAWIN YANG DIANGKAT ANAK OLEH KAKEK DAN NENEKNYA DALAM HAL MEWARIS MENURUT HUKUM WARIS ADAT BALI

PUTU HERI HENDRAWAN, S.H., 031424253024 (2017) KEDUDUKAN ANAK LAKI-LAKI LUAR KAWIN YANG DIANGKAT ANAK OLEH KAKEK DAN NENEKNYA DALAM HAL MEWARIS MENURUT HUKUM WARIS ADAT BALI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS PUTU HERI HENDRAWAN FIX.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 9 August 2020.

Download (444kB)

Abstract

Anak yang dilahirkan sebelum upacara perkawinan diselenggarakan disebut anak luar kawin. Berdasarkan pasal 43 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan menyatakan bahwa anak yang dilahirkan diluar perkawinan hanya mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya. Hubungan perdata yang dimaksud dalam pasal 43 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan tersebut termasuk dalam hak mewaris, tetapi dalam hukum waris adat Bali anak luar kawin tidak mempunyai hak mewaris terhadap keluarga ibunya karena masyarakat adat Bali menganut sistem kekeluargaan patrilineal. Anak luar kawin hanya berhak mewaris atas warisan yang dimiliki ibunya saja, namun apabila seorang anak laki-laki luar kawin diangkat anak oleh kakek dan neneknya melalui suatu upacara adat Bali maka akan memberikan suatu konsekuensi terhadap kedudukan anak luar kawin, termasuk dalam hal mewaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan studi kasus (case study) di Banjar Umadiwang, Desa Blayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Kedudukan anak laki-laki luar kawin yang diangkat anak oleh kakek dan neneknya adalah memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti anak kandung termasuk dalam hal mewaris, namun hal tersebut tidak berlaku mutlak. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana kedudukan anak laki-laki luar kawin yang diangkat anak oleh kakek dan neneknya dalam hal mewaris menurut hukum waris adat Bali.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 06/17 Hen k
Uncontrolled Keywords: anak luar kawin, pengangkatan anak, hak mewaris.
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
PUTU HERI HENDRAWAN, S.H., 031424253024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hajati, Prof. Dr. , S.H., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2017 21:56
Last Modified: 08 Aug 2017 21:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item