PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK Spirulina platentis PADA PAKAN IKAN GURAME TERHADAP HISTOPATOLOGI INSANG DAN KELANGSUNGAN HIDUP SETELAH DIINFEKSI Aeromonas hydrophila

WIDIA RAHMAWATI, 141211131237 (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK Spirulina platentis PADA PAKAN IKAN GURAME TERHADAP HISTOPATOLOGI INSANG DAN KELANGSUNGAN HIDUP SETELAH DIINFEKSI Aeromonas hydrophila. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.92-17 Rah p ABSTRACT.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.92-17 Rah p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan gurame (Osphronemus gouramy) merupakan ikan konsumsi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Produksi ikan gurame selama 4 tahun terakhir menunjukkan angka pertumbuhan rata-rata sebesar 17,70%. Kendala dalam budidaya ikan gurame diantaranya adalah timbulnya penyakit, salah satunya akibat Aeromonas hydrophila. Bakteri A. hydrophila adalah penyebab penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) yang menyerang beberapa spesies ikan air tawar dan merupakan penyakit utama yang menjadi kendala dalam bisnis budidaya perikanan. Bakteri A. hydrophila dapat menginfeksi ikan melalui insang. Kerusakan insang menyebabkan fungsi insang menjadi tidak optimal dan dapat mengganggu respirasi, akhirnya menyebabkan kematian. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan imunostimulan, salah satunya dengan menggunakan mikroalga jenis Spirulina platensis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan dosis terbaik ekstrak air panas Spirulina platensis terhadap histopatologi insang dan kelangsungan hidup ikan gurame (Osphronemus gouramy) setelah diinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap 5 perlakuan 3 ulangan. Parameter utama yang diamati adalah histopatologi insang dan kelangsungan hidup ikan gurame. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian ekstrak air panas Spirulina platensis terhadap histopatologi insang yaitu dapat memperkecil rata-rata kerusakan pada lamella insang (p<0,05). Pemberian ekstrak air panas Spirulina platensis juga terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kelangsungan hidup ikan gurame setelah diinfeksi dengan bakteri A.hydrophila. Dosis ekstrak Spirulina platensis sebanyak 75 mg/kg pakan terbukti paling efektif untuk memperkecil kerusakan insang dan menaikkan kelangsungan hidup ikan gurame akibat serangan bakteri A. hydrophila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.92/17 Rah p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
WIDIA RAHMAWATI, 141211131237UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 Aug 2017 22:31
Last Modified: 09 Aug 2017 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item