POTENSI PENAMBAHAN MINYAK IKAN LEMURU PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN BELUT SAWAH (Monopterus albus)

Nur Fadila, 141211131224 (2017) POTENSI PENAMBAHAN MINYAK IKAN LEMURU PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN, RASIO KONVERSI PAKAN DAN EFISIENSI PAKAN BELUT SAWAH (Monopterus albus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.93-17 Fad p ABSTRACT.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.93-17 Fad p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Belut sawah (Monopterus albus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar dari family Synbranchidae yang memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan. Pertumbuhan belut sawah yang relatif lambat dan ketersediaan bibit belut yang masih mengandalkan hasil tangkapan alam menjadi salah satu kendala utama dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satu upaya peningkatan produksi belut sawah adalah melalui pemberian pakan berenergi tinggi. Penambahan minyak ikan lemuru sebagai asam lemak esensial mampu meningkatkan laju pertumbuhan belut sawah. Kandungan omega-3 seperti EPA dan DHA berfungsi dalam perkembangan sistem hormon, sistem syaraf dan kekebalan tubuh. Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi secara langsung oleh tubuh sehingga dilakukan penambahan melalui pakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan laju pertumbuhan, efisiensi pakan dan menurunkan rasio konversi pakan belut sawah. Metode penelitian menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak lengkap yang terdiri dari lima perlakuan dan empat kali ulangan. Analisis data menggunakan uji statistik sidik ragam Analysis of Variant (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan untuk mengetahui perlakuan yang paling baik. Hasil penelitian penambahan minyak ikan lemuru pada pakan komersial menujukan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap laju pertumbuhan, efisiensi pakan dan rasio konversi pakan belut sawah. Pemberian minyak ikan lemuru pada pakan dengan dosis 4% dapat meningkatkan laju pertumbuhan sebesar 0,421 g/hari, pertumbuhan spesifik sebesar 0,973% dan efisiesni pakan sebesar 90,05% dan menurunkan rasio konversi pakan belut sawah sebesar 1,12

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.93/17 Fad p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
Nur Fadila, 141211131224UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMIRNI LAMID, Dr., MP., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 Aug 2017 23:19
Last Modified: 09 Aug 2017 00:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item