PENGARUH AKUNTABILITAS DALAM FORMULASI DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN DAMPAK DANA PERIMBANGAN TERHADAP PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA

BAYU LUKITO NUGROHO, 040911098 (2017) PENGARUH AKUNTABILITAS DALAM FORMULASI DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN DAMPAK DANA PERIMBANGAN TERHADAP PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 15-17 Nug p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dalam distribusi Dana Alokasi Umum (DAU) serta mengetahui dampak transfer dana perimbangan berupa Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan regresi data panel berupa Fixed Effect Model (FEM). Data yang digunakan berasal dari Indonesia Database for Policy Research (INDO-DAPOER) Bank Dunia tahun 2005 dan 2009. Jumlah observasi adalah 248 Kabupaten/Kota dari 33 provinsi di Indonesia. Sementara itu, perangkat lunak yang digunakan dalam analisis adalah Microsoft Office Excel 2013 dan STATA 13. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap Dana Alokasi Umum (DAU), sementara PDRB harga berlaku dan Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh positif terhadap Dana Alokasi Umum (DAU). Sementara itu, hasil estimasi regresi model pengaruh dana transfer terhadap IPM menunjukkan bahwa Dana Alokasi Umum (DAU) terbukti tidak berpengaruh terhadap IPM sementara variabel Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Bagi Hasil (DBH) terbukti berpengaruh positif terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 15/17 Nug p
Uncontrolled Keywords: Dana Alokasi Umum (DAU), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Desentralisasi, Fiskal, Formulasi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T175-178 Industrial research. Research and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
BAYU LUKITO NUGROHO, 040911098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Made Sukartini, S.E., M.Si., MIDEC.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 11 Aug 2017 00:01
Last Modified: 11 Aug 2017 00:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60295
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item