PERILAKU OPORTUNISTIK DALAM PENGANGGARAN DAERAH DENGAN PENDEKATAN AGENCY THEORY (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur)

DINANDA NUR FITRI, 041311333086 (2017) PERILAKU OPORTUNISTIK DALAM PENGANGGARAN DAERAH DENGAN PENDEKATAN AGENCY THEORY (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 107-17 Fit p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan sebuah proses politis yang menciptakan hubungan antara legislatif dan eksekutif serta legislatif dan rakyat sejak ditetapkannya Undang-Undang Otonomi daerah No.22 tahun 1999. Hubungan yang terjadi mampu menjelaskan adanya perilaku oportunistik yang dilakukan oleh para penyusun anggaran untuk mencapai kepentingan kelompoknya masingmasing dalam alokasi belanja sektor-sektor tertentu. Fenomena ini menjadi menarik untuk diteliti dari sudut pandang teori keagenan Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh PAD, DAU dan SiLPA pada perilaku oportunistik penyusun anggaran di Kabupaten/Kota se- Jawa Timur. Penelitian dilakukan di 38 (tiga puluh delapan) Kabupaten/Kota se- Jawa Timur dengan menggunakan data sekunder dari APBD Kabupaten/Kota tahun 2011 sampai 2015. Berdasarkan metode sensus sampling diperoleh 186 data sampel. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji regresi linier berganda menggunakan software SPSS versi 20.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PAD, DAU dan SiLPA berpengaruh signifikan positif terhadap Oportunistik Penyusun Anggaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah daerah untuk perbaikan dalam proses penyusunan anggaran dan memberikan saran bagi penelitian mendatang agar menambah variabel independen yang belum dapat.dikembangkan pada penelitian ini karena keterbatasan data serta menggunakan kuesioner untuk mendalami persepsi pihak yang terlibat pada penyusunan anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 107-17 Fit p
Uncontrolled Keywords: PAD, DAU, SiLPA, Perilaku Oportunistik
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DINANDA NUR FITRI, 041311333086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Soegeng Soetedjo, Prof. Dr. , S.E., Ak., CAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Aug 2017 17:03
Last Modified: 13 Aug 2017 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60321
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item