PERILAKU MENTAL ACCOUNTING PADA MAHASISWA DALAM MENGELOLA KEUANGANNYA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Airlangga)

RISKA AMALIA M, 041311333298 (2017) PERILAKU MENTAL ACCOUNTING PADA MAHASISWA DALAM MENGELOLA KEUANGANNYA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Airlangga). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 161-17 Ris p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mental accounting merupakan salah satu bentuk akuntansi keperilakuan. Perilaku ini menjelaskan bahwa baik individu maupun rumah tangga memiliki sistem akuntansi yang bekerja pada diri mereka masing-masing termasuk bagi seorang mahasiswa. Mental accounting pada mahasiswa dapat tercermin dari bagaimana mereka mengelola keuangannya. Fenomena yang terjadi saat ini adalah mahasiswa yang dianggap memiliki pemahaman yang baik akan pengetahuan keuangan justru sering bias dalam mengambil keputusan. Hal ini merupakan bentuk dari mental accounting yang kurang baik. Di sisi lain, mental accounting dapat digunakan sebagai perangkat self-control seseorang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggambarkan bagaimana wujud perilaku mental accounting mahasiswa dalam mengelola keuangannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara terhadap informan mahasiswa dari Program Studi Akuntansi dan Program Studi Psikologi Universitas Airlangga. Teknik analisis data model Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data. Triangulasi data dilakukan untuk menguji keabsahan hasil penelitian dengan membandingkan data dari multisumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mental accounting pada mahasiswa Universitas Airlangga mengenai bagaimana mereka mengatur, mengambil keputusan, dan mengevaluasi keuangannya. Mental accounting yang terjadi dapat membawa mahasiswa ke dalam perilaku konsumtif tetapi juga dapat dijadikan sebagai perangkat self-control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 161-17 Ris p
Uncontrolled Keywords: akuntansi keperilakuan, mental accounting, pengelolaan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RISKA AMALIA M, 041311333298UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Hamidah, Dr. , M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Aug 2017 19:19
Last Modified: 15 Aug 2017 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item