PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP KESENJANGAN EKONOMI ANTAR DAERAH (Studi Kasus di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2006-2013)

ADITYA RAHMAN, 041211132024 (2017) PENGARUH DESENTRALISASI FISKAL TERHADAP KESENJANGAN EKONOMI ANTAR DAERAH (Studi Kasus di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2006-2013). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 50-17 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal di Indonesia sejatinya ditujukan untuk mengurangi kesenjangan ekonomi yang ada, baik kesenjangan vertikal (antara pusat dan daerah) maupun kesenjangan horizontal (antara daerah dan daerah), namun dibalik itu semua pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal juga berpotensi meningkatkan kesenjangan ekonomi jika tidak dikelolah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh desentralisasi fiskal yang diwakili Autonomy Indicators dan Expenditure Indicators serta variabel kontrol yang terdiri dari tingkat aglomerasi, investasi dan tingkat pengangguran terbuka terhadap kesenjangan ekonomi antar daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data panel yang bersumber dari Badan Pusat Stastistik sedangkan metode regresi yang digunakan adalah metode regresi Random Effect Model. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel desentralisasi fiskal yang diwakili Autonomy Indicators dan Expenditure Indicators serta variabel kontrol yang terdiri dari tingkat aglomerasi, investasi dan tingkat pengangguran terbuka berpengaruh positif signifikan terhadap kesenjangan ekonomi antar daerah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 50/17 Rah p
Uncontrolled Keywords: Desentralisasi Fiskal, Kesenjangan Ekonomi Antar Dearah, Tingkat Aglomerasi, Investasi dan Tingkat Pengangguran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4538 Foreign investments
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA RAHMAN, 041211132024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Solihin, S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Aug 2017 22:30
Last Modified: 15 Aug 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60511
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item