PENGARUH MODAL MANUSIA, MODAL SOSIAL, DAN MODAL HIJAU TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ANJRIANI AULIA NINGRUM, 041311333024 (2017) PENGARUH MODAL MANUSIA, MODAL SOSIAL, DAN MODAL HIJAU TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM DENGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 177-17 Nin p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal manusia, modal sosial, dan modal hijau terhadap kinerja keuangan UMKM dengan produktivitas tenaga kerja sebagai variabel intervening. UMKM tidak hanya membutuhkan modal finansial saja untuk dapat mengembangkan bisnisnya, sumber daya yang tak berwujud serta kompetensi yang dimiliki sebuah UMKM seperti modal manusia, modal sosial, serta modal hijau juga dibutuhkan agar dapat bersaing dengan UMKM lainnya dengan keunggulan kompetensinya. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Sidoarjo yang menghasilkan produk dan jasa, sampel yang diambil adalah 100 UMKM yang bertempat di kecamatan Waru, Janti, dan Tanggulangin. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan model Partial Least Square dengan bantuan software WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal manusia dan modal hijau berpengaruh positif dan terbukti signifikan terhadap kinerja keuangan sedangkan modal sosial berpengaruh negatif walaupun terbukti signifikan terhadap kinerja keuangan, selanjutnya dalam pengaruhnya terhadap produktivitas tenaga kerja, modal sosial dan modal hijau terbukti tidak signifikan, hanya modal manusia saja yang terbukti signifikan dengan tetapi memiliki hubungan yang negatif, sedangkan produktivitas tenaga kerja tidak terbukti signifikan kepada kinerja keuangan, sehingga secara otomatis produktivitas tenaga kerja kehilangan cirinya sebagai variabel intervening dan tidak dapat menjadi variabel intervening untuk modal manusia, modal sosial, dan modal hijau terhadap kinerja keuangan UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 177-17 Nin p
Uncontrolled Keywords: Modal Manusia, Modal Sosial, Modal Hijau, Kinerja Keuangan, dan Produktivitas Tenaga Kerja
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ANJRIANI AULIA NINGRUM, 041311333024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Zaenal Fanani, Dr. S.E., MSA.,Ak.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Aug 2017 18:32
Last Modified: 17 Aug 2017 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item