ANALISIS PENGARUH KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN TERHADAP STATUS KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TIMUR

SILKA INTANISWARA, 041211132021 (2017) ANALISIS PENGARUH KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN TERHADAP STATUS KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 66-17 Int a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah kemiskinan merupakan masalah pokok bagi negara berkembang. Kemiskinan kerap disandingkan dengan masalah gender, yang mana rumah tangga laki-laki dan perempuan sering kali dibandingkan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membandingkan kemiskinan pada rumah tangga lakilaki dan rumah tangga perempuan dan pengaruh variabel determinan terhadap status kemiskinan. Penelitian ini menggunakan data cross section di Provinsi Jawa Timur. Data yang digunakan berasal dari data Indonesia Family Life Survey tahun 2014, dengan jumlah observasi 1.959 rumah tangga. Penelitian ini menggunakan model regresi logistik untuk menganalisis model regresi. Hasil regresi menunjukkan bahwa secara simultan ataupun parsial variabel bebas (jenis kelamin kepala rumah tangga, status pernikahan kepala rumah tangga, pendidikan terakhir kepala rumah tangga, usia kepala rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga, jenis lantai dan kepemilikan jamban, serta program bantuan pemerintah) memiliki hubungan signifikan terhadap status kemiskinan rumah tangga di Provinsi Jawa Timur. Hasil regresi juga menunjukkan bahwa rumah tangga perempuan tidak lebih miskin daripada rumah tangga laki-laki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 66/17 Int a
Uncontrolled Keywords: kemiskinan, gender, rumah tangga, Provinsi Jawa Timur
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
SILKA INTANISWARA, 041211132021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Sjafii, S.E., M.E.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 17 Aug 2017 22:43
Last Modified: 17 Aug 2017 22:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60580
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item