ANALISIS DAYA SAING DAN PROFITABILITAS USAHATANI TEBU DI JAWA TIMUR

GALIH ANUGERAH WICAKSONO, 041211133067 (2017) ANALISIS DAYA SAING DAN PROFITABILITAS USAHATANI TEBU DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT C 68-17 Wic a.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tebu adalah salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peranan penting bagi Indonesia yaitu menghasilkan gula. Komoditas gula kini dapat disejajarkan dengan tanaman pangan lain terkait dengan urgensi penyediaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya saing dan profitabilitas usahatani tebu di provinsi Jawa Timur. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh melalui data Analisis Ekonomi Usahatani serta harga internasional tebu dari instansi terkait dan publikasi ilmiah. Metode analisis yang digunakan adalah Policy Analysis Matrix (PAM). Hasil analisis PAM menunjukkan bahwa usahatani tebu di provinsi Jawa Timur mempunyai keuntungan privat dan sosial serta mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif sebagai indikator daya saing dan profitabilitas. Kebijakan pemerintah secara keseluruhan mampu memproteksi usahatani tebu. Analisis sensitivitas menunjukkan keuntungan dan daya saing usahatani sensitif terhadap perubahan pada nilai tukar rupiah terhadap US Dollar, kenaikan tarif impor komoditas, dan perubahan harga komoditas baik secara domestik maupun internasional. Studi ini menyarankan bahwa usahatani perlu meningkatkan produksi tebu untuk mengurangi ketergantungan pada pasar dunia dan mengoptimalkan potensi wilayah serta pemerintah perlu mengkaji lagi kebijakan yang belum mampu memproteksi usahatani dan menerapkan alternatif kebijakan dengan memperhatikan kondisi pasar dalam negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK C 68/17 Wic a
Uncontrolled Keywords: daya saing, efisiensi, kebijakan pemerintah, profitabilitas, sensitivitas, Policy Analysis Matrix (PAM)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
GALIH ANUGERAH WICAKSONO, 041211133067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Haryanto, Drs., EC., MP., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 17 Aug 2017 22:52
Last Modified: 17 Aug 2017 22:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item