MANAJEMEN LABA MELALUI AKTIVITAS RIIL DAN PENGARUHNYA TERHADAP FUTURE OPERATING PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013)

LINA RAHMAWATI, 041311333260 (2017) MANAJEMEN LABA MELALUI AKTIVITAS RIIL DAN PENGARUHNYA TERHADAP FUTURE OPERATING PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2013). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 209-17 Rah m.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2020.

Download (792kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen laba melalui aktivitas riil yang diproksikan dengan variabel dummy dari nilai abnormal dari biaya produksi, nilai abnormal dari biaya diskresioner, dan nilai abnormal dari arus kas operasi terhadap future operating performance perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2013. Penelitian ini menggunakan data arsip berupa laporan keuangan yang didapat dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2012-2013 dan memiliki kriteria yang telah ditentukan. Pada penelitian ini terdapat lima variabel, yang terdiri dari satu variabel independen, yaitu manajemen laba melalui aktivitas riil yang diproksikan dengan variabel dummy dari nilai abnormal dari biaya produksi, nilai abnormal dari biaya diskresioner, dan nilai abnormal dari arus kas operasi, satu variabel dependen, yaitu future operating performance, dan tiga variabel kontrol, yakni financial performance yang diproksikan dengan return on asset, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan software STATA/MP 14.2. Hasil menunjukkan bahwa variabel dummy dari nilai abnormal dari biaya produksi dan nilai abnormal dari arus kas operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap future operating performance, sedangkan variabel dummy nilai abnormal dari biaya diskresioner berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap future operating performance. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa manajemen laba melalui aktivitas riil telah terjadi pada biaya produksi dan arus kas operasi perusahaan dan menunjukkan sebuah sinyal untuk future operating performance yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 209-17 Rah m
Uncontrolled Keywords: manajemen laba riil, future operating performance.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
LINA RAHMAWATI, 041311333260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIman Harymawan, SE., MBA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Aug 2017 19:23
Last Modified: 20 Aug 2017 19:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60656
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item