FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RISK MANAGEMENT DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Top-100 Market Capitalization Companies yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015)

DARA KUSUMA ARUM, 041311333041 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI RISK MANAGEMENT DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Top-100 Market Capitalization Companies yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A. 210-17 Aru f.pdf
Restricted to Registered users only until 21 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Praktik pengungkapan manajemen risiko merupakan bagian penting dari terlaksananya good corporate governance. Semakin rumit risiko yang dihadapi perusahaan maka semakin penting dilakukannya pengungkapan manajemen risiko atau risk management disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal dari mekanisme corporate governance terhadap risk management disclosure. Faktor-faktor internal diantaranya adalah proporsi anggota komite audit independen, keahlian profesional anggota komite audit independen, proporsi kepemilikan manajemen, proporsi kepemilikan asing, proporsi kepemilikan publik, dan faktor eksternal yaitu kualitas auditor eksternal. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 perusahaan publik yang merupakan top- 100 market capitalization companies yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015. Untuk pengujian data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor proporsi anggota komite audit independen, keahlian profesional anggota komite audit independen, proporsi kepemilikan manajemen, dan proporsi kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap risk management disclosure. Sedangkan faktor proporsi kepemilikan publik berpengaruh negatif signifikan terhadap risk management disclosure dan faktor kualitas auditor eksternal berpengaruh positif signifikan terhadap risk management disclosure.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 210-17 Aru f
Uncontrolled Keywords: risk management disclosure, faktor internal, faktor eksternal, corporate governance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DARA KUSUMA ARUM, 041311333041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Dewantoro, Drs. , M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Aug 2017 19:31
Last Modified: 20 Aug 2017 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item