PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

HERMAN YUDI SAPUTRA, 041211331038 (2017) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
A. 224-17 Sap p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI) melalui profitabilitas sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015 dengan total 135 sampel yang di teliti. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis regresi linear menggunakan software SPSS versi 24. Untuk menguji pengaruh variabel mediasi dilakukan dengan analisis jalur (path analysis). Model regresi I menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan yang diproksikan dengan DAR, SIZE, dan GROWTH terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan ROA. Model regresi II menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q. Hasil uji t menunjukan pada model I menyatakan bahwa leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Pada model II menyatakan bahwa leverage dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifkan terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa profitabilitas gagal menjadi media penghubung antara leverage, ukuran perusaahaan, dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 224-17 Sap p
Uncontrolled Keywords: leverage (DAR), ukuran perusahaan (SIZE), pertumbuhan perusahaan (GROWTH), profitabilitas (ROA), nilai perusahaan (Tobin’s Q)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HERMAN YUDI SAPUTRA, 041211331038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZaenal Fanani, Dr. , SE., MSA., AK. CA.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Aug 2017 16:26
Last Modified: 21 Aug 2017 16:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60704
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item