Efan Rakhmadian, 040 831044 (2011) PENGARUH PERSEPSI AKAN CITRA TOKO TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH TOKO RITEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-rakhmadian-21769-b220-11-k.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-rakhmadian-18821-b220-11-k.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Citra toko merupakan gambaran jiwa, atau kepribadian toko yang oleh pemiliknya berusaha disampaikan kepada pelanggan. Sementara bagi pelanggan, citra toko merupakan sikap individu dari toko tersebut. Citra atau imge toko dipengaruhi oleh periklanan yang dilakukan, pelayanan, kesenangan, layout toko, dan personil toko, sebagaimana halnya dengan kualitas, harga, keragaman, dan kedalaman barang dagangan. Konsumen cenderung berbelanja di toko-toko yang sesuai dengan image yang dibangunnya, dan citra toko tersebut akan mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih toko ritel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen akan citra toko yang terdiri dari barang dagangan, atmosfir toko, layanan di dalam toko, aksesibilitas, reputasi, promosi, fasilitas dan layanan pasca pembelian pada Alfamart, Indomaret dan Asri Jaya Pondok Candra. Populasi dalam penelitian ini adalah warga perumahan Pondok Chandra yang pernah berkunjung ke Alfamart, Indomaret dan Asri Jaya Pondok Candra. Jumlah sampel minimal dalam penelitian ini sebesar 90 responden. Jumlah sampel diambil berdasarkan usulan Roscoe dalam Sekaran (2006:160) yang mengusulkan bahwa, dalam penelitian Multivariat (termasuk analisa regresi berganda) ukuran sampel sebaiknya beberapa kali (lebih disukai 10 kali atau lebih) lebih besar dari jumlah variabel dalam studi. Sedangkan untuk mengantisipasi data yang rusak maka dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 100. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa besarnya kontribusi pengaruh variabel barang dagangan (X1), atmosfir toko (X2), layanan di dalam toko (X3), aksesibilitas (X4), reputasi (X5), promosi (X6), fasilitas (X7) dan layanan pasca pembelian (X8) secara bersama-sama terhadap variabel terikat citra toko pada RINIMART Surabaya adalah sebesar 0,663 atau 66,3%. Sedangkan sisanya sebesar 34,7% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian. Melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dapat diketahui bahwa barang dagangan (X1), atmosfir toko (X2), layanan di dalam toko (X3), aksesibilitas (X4), reputasi (X5), promosi (X6), fasilitas (X7) dan layanan pasca pembelian (X8) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) maupun secara parsial terhadap variabel terikat yaitu preferensi dan variabel layanan di dalam toko merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap preferensi konsumen dalam memiih toko ritel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 220/11 Rak p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PREFERENSI KONSUMEN | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2016 08:29 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6075 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |