GERAKAN AISYIYAH DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI MOJOKERTO TAHUN 1971-1990

RITA AYU MULIANA, 120914072 (2017) GERAKAN AISYIYAH DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI MOJOKERTO TAHUN 1971-1990. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FS Sej 07-17 Mul g.pdf
Restricted to Registered users only until 22 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gerakan Aisyiyah dalam pemberdayaan perempuan di Mojokerto tahun 1971- 1990 merupakan konsentrasi dalam penulisan skripsi ini. Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan peran pimpinan daerah Aisyiyah Mojokerto dalam pemberdayaan perempuan berserta kegiatan program-progam Aisyiyah Mojokerto, dibidang pendidikan, keagamaan, sosial, kesehatan dan ekonomi. Dalam kegiatan politik, pimpinan daerah Mojokerto tidak mengekang para pengurus dan anggota untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan politik, misalnya dalam mencalonkan diri menjadi anggota DPR, tetapi pencalonan tersebut atas diri pribadi dan tidak mengatas namakan organisasi. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode sejarah yang terdiri dari pengumpulan data (heuristik), krtik sumber, interpretasi, dan historiografi. Terkait dengan kekurangan data tertulis, maka data-data diperoleh dari proses wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah awal mula Aisyiyah berdiri di Mojokerto secara resmi dengan dikeluarkannya surat keputusan dari pimpinan pusat pada tanggal 6 Oktober 1971. Berdirinya Aisyiyah di Mojokerto pertama kali dipelopori oleh Ibu Hj. Hanifah dan kemudian berserta tokoh-tokoh lainnya yaitu Ibu Hj. Said dan Ibu Hj. Arovah. Program-progam kegiatan Aisyiyah Mojokerto diprioritas untuk para perempuan dan anak-anak dengan mendirikan sekolah TK Aisyiyah Bustanul Athfal dengan berbasis pendidikan keagamaan, mengadakan pengajian dengan anjang sanah dan Qoryah Thayyibah, mendidirikan BKIA untuk pelayanan ibu, balita dan anak-anak yang kemudian berkembang semakin pesat dan menjadi rumah sakit Hasanah yang merupakan rumah sakit Islam pertama di Mojoketo, dan mendirikan koperasi untuk kebutuhan para perempuan dan anak-anak. Aisyiyah Mojokerto dalam usahanya sebagai gerakan dalam pemberdayaan perempuan memiliki beberapa faktor pendukung dan penghambat. Agar perkembangan Aisyiyah Mojokerto dapat berkembang pesat, para tokoh-tokoh pengurus berserta anggota Aisyiyah berusaha untuk mengatasi faktor penghambat kegiatan Aisyiyah di Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS Sej 07/17 Mul g
Uncontrolled Keywords: Aisyiyah, Pemberdayaan Perempuan, Mojokerto
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism > HQ1871-2030.7 Women's clubs
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
RITA AYU MULIANA, 120914072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGayung Kasuma, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Aug 2017 22:25
Last Modified: 21 Aug 2017 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item