HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN PERILAKU IBU DALAM UPAYA PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI ANAK DOWN SYNDROM

SITI FITRIA ULFAH, 021324153004 (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN PERILAKU IBU DALAM UPAYA PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI ANAK DOWN SYNDROM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (full text)
tesis SITI FITRIA ULFAH.pdf
Restricted to Registered users only until 23 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Down syndrom usia 0-18 tahun di Surabaya mencapai 659.328 anak. Penelitian sebelumnya tentang prevalensi penyakit gingivitis dan karies gigi pada anak down syndrom dan anak normal menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna. Hal ini dikarenakan down sydrom memiliki keterbatasan fisik dan motorik dalam melakukan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut, sehingga membutuhkan pengasuhan yang tepat dari ibunya. Persepsi ibu dalam pengasuhan anak down syndrom terkait erat dengan adanya persepsi orangtua dalam pentingnya memelihara kesehatan mulut anak down syndrom. Health Belief Model (kerentanan, keparahan, manfaat, dan hambatan) merupakan model penting yang menunjukkan hubungan antara persepsi kesehatan dan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi anak down syndrom. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara persepsi dan perilaku ibu dalam upaya pemeliharaan kesehatan gigi anak down syndrom. Metode: Jenis penelitian yang dilakukan bersifat analitik observasional, dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 40. Hasil: Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji regresi linier berganda didapatkan hubungan yang signifikan antara persepsi dengan perilaku ibu dalam upaya pemeliharaan kesehatan gigi anak down syndrom (R=0.664, taraf signifikansi 0.002), dengan prediktor paling kuat adalah persepsi responsif ibu dalam pengasuhan anak down syndrom. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara persepsi dan perilaku ibu dalam upaya pemeliharaan kesehatan gigi anak down syndrom.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKG 05/17 Ulf h
Uncontrolled Keywords: persepsi pengasuhan, persepsi health belief model, perilaku pemeliharaan kesehatan gigi, anak down syndrom
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SITI FITRIA ULFAH, 021324153004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Darmawan Setijanto, Dr. , drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2017 19:34
Last Modified: 22 Aug 2017 19:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60783
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item