KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Rosalia Indah Transport, Karanganyar, Jawa Tengah)

MUHAMMAD FAUZI PRASETYO, 071310213062 (2016) KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Rosalia Indah Transport, Karanganyar, Jawa Tengah). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 40-17 Pra k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut data International Labour Organization (ILO) pada tahun 2005 tentang tingkat daya saing (kompetitif) Negara-negara di dunia dan kaitannya dengan keselamatan (safety), tingkat komtetitif dan safety Indonesia berada diurutan kedua terbawah setelah rusia dari 27 negara yang diamati. Hal ini m Pada dasarnya filosofi dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah melindungi keselamatan dan kesehatan kerja para pekerja dalam menjalankan pekerjaannya yang berimbas pada kinerja perusahaan. Perangkat peraturan pemerintah mengenai K3 adalah Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).engindikasikan kepada kita bahwa penerapan K3 di Indonesia masih lemah. Yang menjadi objek utama dalam penelitian ini adalah Proses Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Rosalia Indah Transport, Karanganyar, Jawa Tengah. Mengetahui proses penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) di PT. Rosalia Indah Transport, Mengetahui Kendala dalam Penerapan K3, dan Mengetahui Manfaat Penerapan K3. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulis sebagai peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan kemudian melakukan wawancara dengan HRD, Koordinator K3 Rosalia Indah, Kru Bus, Koordinator Bengkel, dan Penumpang. Selanjutnya mengumpulkan data berupa bahan dokumen dan foto kemudian disusun dan dideskripsikan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Rosalia Indah Transport, Karanganyar, Jawa Tengah, memiliki kendala yaitu dalam menghadapi pekerja yang kurang memiliki kesadaran akan pentingnya Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hasil dari penelitian ini bahwa Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT. Rosalia Indah Transport sangat berguna sekali, seperti cara menggunakan alat keselamatan yang berada di Unit, dan Manfaat yang timbul pada Alat Pelindung Diri (APD) jika diterapkan dengan sebaikbaiknya akan membawa dampak positif bagi perusahaan dan pekerja, seperti jika pekerja sadar akan keselamatan dirinya maka mereka pasti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 40/17 Pra k
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Penerapan, Transport
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD FAUZI PRASETYO, 071310213062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Aug 2017 19:37
Last Modified: 29 Aug 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61090
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item