DETERMINAN NET INTEREST MARGIN PADA PERBANKAN DI 5 NEGARA KAWASAN ASIA TENGGARA

MADE GITANADYA AYU ARYANI, 041424153002 (2017) DETERMINAN NET INTEREST MARGIN PADA PERBANKAN DI 5 NEGARA KAWASAN ASIA TENGGARA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK TSM 05-17 Ary d.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT TSM 05-17 Ary d.pdf
Restricted to Registered users only until 30 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbankan di kawasan Asia Tenggara memiliki karakteristik yang berbeda antar negara dan hal ini berdampak kepada besarnya Net Interest Margin (NIM) yang diperoleh. Bank di Indonesia menikmati NIM sebesar 5.4% dan Singapura hanya sebesar 1.4% di tahun yang sama. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan NIM pada perbankan di 5 negara kawasan Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Penelitian ini mengklasifikasikan berbagai determinan yang mempengaruhi NIM menjadi 3 faktor utama yaitu faktor spesifik bank yang terdiri dari relative size, risiko kredit, likuiditas, kecukupan modal, risiko operasional dan diversifikasi. Selain itu penelitian ini juga menggunakan faktor konsentrasi industri serta faktor makro ekonomi yang terdiri dari volatilitas suku bunga jangka pendek, inflasi, pertumbuhan PDB dan kapitalisasi pasar modal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NIM pada kawasan Asia Tenggara dipengaruhi secara signifikan oleh variabel relative size, risiko kredit, kecukupan modal, diversifikasi, konsentrasi industri, volatilitas suku bunga jangka pendek, dan kapitalisasi pasar modal. Variabel kecukupan modal, risiko operasional dan pertumbuhan PDB memberikan pengaruh positif pada seluruh observasi penelitian ini walaupun berbeda pada tingkat signifikansinya antar negara. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh negatif dengan NIM pada seluruh observasi adalah diversifikasi dan kapitalisasi pasar modal, hanya berbeda tingkat signifikansinya antar negara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 05/17 Ary d
Uncontrolled Keywords: Net Interest Margin, faktor spesifik bank, faktor industri, faktor makro ekonomi, Asia Tenggara, perbankan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MADE GITANADYA AYU ARYANI, 041424153002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahmat Setiawan, Dr. , S.E., M.M., CFP.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Aug 2017 20:15
Last Modified: 29 Aug 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item