Ratih Agustina, 040710614 (2011) PENGARUH PENARIKAN PADA PRODUK INDUSTRI MAKANAN TERHADAP CITRA MANUFAKTUR DAN NIAT BELI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-agustinara-19031-b251-11-k.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-agustinara-22076-b251-11-k.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini, industri manufaktur berkembang semakin kompleks dan bersaing semakin ketat. Berbagai kesalahan sekecil apapun pada produknya, dapat diketahui oleh stakeholder dalam waktu yang cepat. Sebagai upaya mengatasi krisis, perusahaan berusaha menarik produk dari pasaran. Namun tidak semua upaya penarikan produk bisa berdampak positif pada citra manufaktur dan niat beli. Ada tiga bentuk upaya penarikan produk yaitu penyangkalan cacat, penarikan produk secara sukarela, dan kampanye perbaikan. Kasus penarikan produk yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah penarikan produk makanan karena kesalahan informasi pada label. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh ketiga bentuk penarikan produk terhadap citra manufaktur dan niat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain konklusif dan jenis studi kausal eksperimen. Lingkungan eksperimen yang digunakan adalah lingkungan laboratorium. Terdapat tiga skenario berita, masing-masing untuk tiga kelompok partisipan. Masing-masing artikel berita berisi informasi tentang perusahaan yang melakukan penyangkalan cacat, penarikan produk secara sukarela, dan kampaye perbaikan. Kemudian partisipan diminta mengisi kuesioner tentang penarikan produk (X), citra manufaktur (Y), dan niat beli (Z). Data primer diperoleh dari 150 partisipan yang berasal dari populasi mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Teknik analisis yang digunakan adalah one-way ANOVA, regresi variabel dummy, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara penyangkalan cacat dan penarikan produk secara sukarela, serta terdapat pula perbedaan signifikan antara penyangkalan cacat dan kampanye perbaikan. Namun penarikan produk secara sukarela dan kampanye perbaikan memang berbeda namun tidak signifikan. Penyangkalan cacat terbukti berpengaruh negatif signifikan terhadap citra manufaktur, penarikan produk secara sukarela terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap citra manufaktur, dan kampanye perbaikan berpengaruh positif lebih signifikan terhadap citra manufaktur, serta citra manufaktur berpengaruh signifikan terhadap niat beli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 251/11 Agu p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | INDUSTRIAL PRODUCTS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 14 Jul 2016 04:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6118 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |