FADLILAH AULIYA ULFA, NIM : 041311233305 (2017) DAMPAK HIMBAUAN PERUBAHAN REGULASI PEMERINTAH TERKAIT PENELITIAN DAN PUBLIKASI TERHADAP PERCEIVED ROLE STRESS PADA DOSEN PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus). Skripsi thesis, Airlangga University.
|
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 105_17 Ulf d ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 105_17 Ulf d.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui stres peran yang dirasakan dosen sebagai dampak dari adanya himbauan perubahan peraturan pemerintah terkait penelitian dan publikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik analisis tematik. Penelitian ini melibatkan 25 key informant dosen perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdampak oleh regulasi penelitian dan publikasi yang dibuat oleh Peraturan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara semi terstruktur dan menggunakan metode exponential discriminative snowball sampling. Wawancara berhenti pada key informant ke-25 karena jawaban telah mengalami kejenuhan (data saturation). Penelitian ini membahas mengenai perubahan regulasi, pemicu faktor penyebab stres peran, faktor-faktor penyebab stres peran, waktu-waktu terjadinya stres peran, dan manajemen stres. Dengan memahami bahwa perubahan regulasi secara potensial berkontribusi pada stres peran, dapat diketahui bahwa ternyata stres peran yang dirasakan seseorang bergantung pada bagaimana orang tersebut mengorientasikan dirinya terkait halhal yang dapat memicu intensitas role stressor yang mungkin terjadi. Penelitian ini menghasilkan empat temuan antara lain; 1) pemicu faktor penyebab stres peran yang dirasakan dosen terdiri dari pemicu internal (motivasi dan egoisme) dan eksternal (dukungan organisasi), 2) faktor penyebab stres peran dosen adalah role overload dan role conflict, 3) stres peran dosen terjadi ketika menjelang deadline yang bersamaan di mana regulasi bukan menjadi penyebab utamanya 4) Pengelolaan stres dosen dibagi menjadi tindakan preventif dan coping.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 105/17 Ulf d | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Sulistiorini | ||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2017 18:53 | ||||||
Last Modified: | 30 Aug 2017 18:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61184 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |