PENGARUH PAPARAN RENDAMAN AIR TAWAR DALAM WAKTU YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS DNA PADA BERCAK SPERMA YANG DIDETEKSI DENGAN SHORT TANDEM REPEAT COMBINED DNA INDEX (STR-CODIS D13S317 DAN D21S11)

ABDUL HADI FURQONI, 091424653003 (2017) PENGARUH PAPARAN RENDAMAN AIR TAWAR DALAM WAKTU YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS DNA PADA BERCAK SPERMA YANG DIDETEKSI DENGAN SHORT TANDEM REPEAT COMBINED DNA INDEX (STR-CODIS D13S317 DAN D21S11). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 6 September 2020.

Download (316kB)

Abstract

Kriminalitas yang terjadi akibat kejahatan seksual banyak terjadi di mana-mana. Kejahatan ini bisa menimpa beberapa orang dan dari berbagai umur. Dalam kasus ini pasti akan di temukan barang bukti di tempat kejadian perkara. Salah satu bukti akibat kejahatan seksual adalah bercak sperma. Bercak sperma dapat di temukan seperti pada pakaian yang digunakan korban atau pelaku. Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh polisi tentunya perlu cara untuk pengidentifikasi siapa pelaku dari kejahatan tersebut. Sampel bercak sperma akan di isolasi DNA. Isolasi DNA adalah memisahkan DNA yang ada pada sel sperma dengan komponen yang lainnya. Setelah DNA di dapatkan akan di ketahui kadar dan kemurniannya. Hasil tersebut bisa di pengaruhi oleh media bercak sperma berada. Faktor-faktor tersebut salah satunya media air dan kain katun. Sifat kain katun adalah mempunyai kemampuan menyerap yang tinggi walaupun dalam keadaan basah sekalipun. Setelah isolasi DNA, tahapan selanjutnya adalah amplifikasi. Proses amplifikasi dalam penelitian ini adalah menggunakaan STR dengan lokus D13S317 dan D21S11.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TIF 02/17 Fur p
Uncontrolled Keywords: Sperma, Air tawar, kain katun, DNA, STR-CODIS,
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Forensik
Creators:
CreatorsNIM
ABDUL HADI FURQONI, 091424653003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAhmad Yudianto, Dr., dr., Sp.F. M.Kes. SHUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2017 23:16
Last Modified: 05 Sep 2017 23:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item