PENDETEKSIAN LEUKEMIA DARI CITRA HAPUSAN DARAH TEPI BERDASARKAN ESTIMATOR LOKAL LINIER MULTIPREDIKTOR DENGAN PEREDUKSI DIMENSI GENERALIZED EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS

ANJAR WICITRA WENING, 081311833042 (2017) PENDETEKSIAN LEUKEMIA DARI CITRA HAPUSAN DARAH TEPI BERDASARKAN ESTIMATOR LOKAL LINIER MULTIPREDIKTOR DENGAN PEREDUKSI DIMENSI GENERALIZED EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 22 -17 Wen p-Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 22 -17 Wen p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Leukemia atau kanker darah adalah jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang dan tubuh akan memproduksi sel darah putih yang abnormal dalam jumlah besar yang akan mengakibatkan penumpukan pada sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Leukemia merupakan jenis penyakit kanker pada anak dengan jumlah kasus baru dan jumlah kematian terbanyak, serta cenderung meningkat setiap tahunnya, sehingga diagnosis dini sangat penting untuk penyembuhan pasien. Salah satu metode untuk diagnosis leukemia dilakukan dengan pemeriksaan sel darah tepi yang akan menghasilkan citra hapusan darah tepi. Berbagai penelitian tentang deteksi leukemia berdasarkan hasil olah citra telah banyak dilakukan dengan menggunakan pendekatan matematika, namun belum memberikan hasil yang cukup baik. Skripsi ini bertujuan untuk mendeteksi leukemia dari citra hapusan darah tepi menggunakan pendekatan statistika. Langkah- langkah pendeteksian leukemia yang dilakukan yaitu pengolahan citra, reduksi dimensi dengan metode Generalized Exploratory Factor Analysis serta pembuatan model berdasarkan pendekatan regresi logistik nonparametrik dengan estimator lokal linier. Data yang digunakan dalam skripsi ini berupa 30 citra leukemia dan 30 citra sel darah normal, 40 citra digunakan untuk pembuatan model dan 20 citra untuk prediksi. Hasil estimasi pada data in sample diperoleh ketepatan klasifikasi sebesar 100%, sedangkan untuk data out sample diperoleh ketepatan klasifikasi sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 22-17 Wen p
Uncontrolled Keywords: Leukemia, Image, Generalized Exploratory Factor Analysis, Local Linear Estimator
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
ANJAR WICITRA WENING, 081311833042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEko Tjahjono, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Sep 2017 18:22
Last Modified: 06 Sep 2017 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item