Devi Seftianingrum, 040710601 (2011) PENGARUH IDENTIFIKASI, KEPUASAN, PARTISIPASI ANGGOTA SERTA PROMOSI KOMUNITAS TERHADAP LOYALITAS MEREK MOTOR PADA KOMUNITAS VIRTUAL GILA MOTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-seftianing-19080-b273-1-k.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-seftianing-21918-b273-1-k.pdf Download (355kB) | Preview |
Abstract
Internet telah banyak diminati serta tumbuh sebagai platform penyedia berbagai informasi. Dari internet ini muncul berbagai macam komunitas virtual di mana masyarakat bertemu, berinteraksi berdasarkan persamaan hobi, bahasan, diskusi dan juga merek tertentu. Di Indonesia telah bermunculan berbagai macam komunitas salah satunya adalah komunitas berdasarkan persamaan hobi yaitu komunitas Gila Motor. Penelitian ini mengenai pengaruh identifikasi, kepuasan, partisipasi, promosi komunitas terhadap loyalitas merek yang dibahas dalam komunitas virtual Gila Motor. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online dengan media forum website Gila Motor. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model yang diteliti sebelumnya oleh Luis Casalo, Carlos Flavian dan Miguel di mana dalam teori tersebut menguji pengaruh identifikasi, kepuasan, partisipasi, promosi komunitas terhadap loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis dengan menggunakan analisis SEM (structural equation modeling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi daftar pernyataan yang merupakan indikator dari tiap variabel yang diteliti. Jumlah responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 147 anggota komunitas virtual Gila Motor. Hasil analisis SEM yang menggunakan program AMOS versi 16 menunjukkan : (1) ada pengaruh signifikan antara kepuasan terhadap partisipasi dalam komunitas virtual Gila Motor, (2) tidak ada pengaruh signifikan antara kepuasan terhadap promosi, (3) tidak ada pengaruh antara identifikasi terhadap partisipasi konsumen dalam komunitas virtual Gila Motor, (4) tidak ada pengaruh antara identifikasi terhadap promosi dalam komunitas virtual Gila Motor, (5) ada pengaruh signifikan antara identifikasi terhadap kepuasan, (6) tidak ada pengaruh antara partisipasi terhadap promosi dalam komunitas virtual Gila Motor, (7) tidak ada pengaruh antara partisipasi terhadap loyalitas merek motor dalam komunitas Gila Motor, (8) ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap loyalitas merek di dalam komunitas Gila Motor
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 273/11 Sef p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | LOYALTY; PROMOTIONS; SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Jul 2016 08:13 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6139 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |