TEKNIK PEMBESARAN IKAN KERAPU HYBRID CANTIK (Epinephelus sp.) DENGAN METODE TEBAR LEPAS DI BALAI LAYANAN USAHA PRODUKSI PERIKANAN BUDIDAYA (BLUPPB) KARAWANG

MUHAMMAD KHARISMA MAHARDHIKA, 141311133175 (2017) TEKNIK PEMBESARAN IKAN KERAPU HYBRID CANTIK (Epinephelus sp.) DENGAN METODE TEBAR LEPAS DI BALAI LAYANAN USAHA PRODUKSI PERIKANAN BUDIDAYA (BLUPPB) KARAWANG. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.15-17 Mah t ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.15-17 Mah t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2020.

Download (983kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu merupakan komoditas perikanan Indonesia yang diunggulkan dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, mempunyai harga yang mahal juga merupakan komoditas ekspor. Untuk mencukupi kebutuhan benih secara kontinyu, perlu adanya usaha pembenihan kerapu yang teknologinya sudah dapat diaplikasikan salah satunya adalah hibridisasi. Hibridisasi merupakan cara untuk meningkatkan keragaman genetik ikan dimana karakter-karakter dari kedua induk akan saling bergabung menghasilkan turunan yang tumbuh cepat, tahan terhadap penyakit bahkan perubahan lingkungan yang ekstrim dan bahkan terkadang menghasilkan ikan yang steril. Tujuan dilaksanakannya Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan, ketrampilan kerja dan permasalahan yang timbul serta informasi prospek pembesaran ikan kerapu cantik di BLUPPB Karawang. PKL dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2016 hingga 18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara melakukan pengamatan langsung, sehingga didapatkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, partisipasi aktif dan studi pustaka. Teknik pembesaran ikan kerapu cantik di BLUPPB Karawang menggunakan metode tebar lepas dan karamba jaring tancap pada kolam dasar berlumpur berukuran 5.000 m2 (panjang 125 m dan lebar 40 m) dengan kedalaman masing-masing 1,5 m dan tinggi pematang kolam sekitar 60 cm dari permukaan air kolam budidaya. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari yaitu jam 07.30 dan 15.30 dengan dosis 4% dari biomass. Sampling ikan dilakukan setiap dua minggu sekali. Pengelolaan kualitas air terdiri dari suhu, salinitas, kecerahan, pH dan DO.Masalah pada pembesaran ikan kerapu adalah ketersediaan benih yang berkualitas dan banyaknya hama yang dapat mengganggu jalannya produksi seperti ular dan burung. Parasit yang sering menyerang pada pembesaran ikan kerapu cantik adalah Benedenia sp. dan Caligus sp.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.15/17 Mah t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD KHARISMA MAHARDHIKA, 141311133175UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Sep 2017 21:20
Last Modified: 14 Sep 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item