Nazilia Septi Ayu, 040610699 (2011) ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN DAN SOSIAL TERHADAP SIKAP ATAS PRODUK IMITASI DAN NIAT BELI KONSUMEN PADA TAS SELEMPANG IMITASI DAN KASET VCD/DVD FILM BAJAKAN (Studi Kasus Pada Pegawai Swasta /Eksekutif Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B. 282-11 Ayu a abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B. 282-11 Ayu a.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dengan adanya globalisasi dan kemajuan teknologi, banyak produsen nakal memanfaatkan untuk menciptakan produk asli tapi palsu, biasanya dikenal dengan imitasi. Mereka dengan mudah menduplikasi kemasan yang mirip dengan kemasan produk asli. Hal ini terjadi karena selera mengkonsumsi masyarakat Indonesia yang tinggi, tapi tidak diimbangi dengan daya beli yang kuat pada produk asli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kepribadian dan faktor sosial terhadap niat beli konsumen melalui sikap atas produk imitasi dan berpengaruh langsung terhadap niat beli konsumen. penelitian ini menggunakan 2 obyek penelitian, yaitu tas selempang (shoulderbag) imitasi merek LV dan Bally, dan kaset VCD/DVD film bajakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar 200 kuesioner yang terpakai, disebarkan kepada pegawai swasta (eksekutif) yang ada di Surabaya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: faktor kepribadian (personality) yang terdiri dari kesadaran nilai (value consciousness), mencari sesuatu yang baru (novelty seeking), integritas (integrity), kepuasan diri (personal gratification), dan status mengkonsumsi (status consumption), faktor sosial ini meliputi kelemahan normatif (normative susceptibility), kelemahan informasi (information susceptibility), dan kolektivitas (collectivism). Berdasarkan hasil analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program AMOS 16, didapat kesimpulan pada tas selempang (shoulderbag) imitasi merek LV dan Bally dipengaruhi 4 dimensi (novelty seeking, integrity, personal gratification, dan status consumption) dari faktor kepribadian, dan 1 dimensi (normative susceptibility) dari faktor sosial. Sedangkan pada kaset VCD/DVD bajakan dipengaruhi 2 dimensi (novelty seeking dan integrity) dan 1 dimensi (collectivism) dari faktor sosial. Sehingga, ketika konsumen bersikap menerima produk imitasi, maka mereka berniat untuk membeli produk imitasi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu pemasar untuk lebih mengawasi lagi saluran distribusi produknya hingga ke konsumen dan juga pemerintah lebih tegas dalam memberantas masalah pemalsuan produk ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 282/11 Ayu a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | personality factor, social factor, product counterfeiting, brand, consumer attitude, purchase intention. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Andri Yanti | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6150 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |