PELANGGARAN HAK CIPTA MELALUI MEDIA ONLINE YOUTUBE

IQBAL AHMAD DHUHA, 031311133141 (2017) PELANGGARAN HAK CIPTA MELALUI MEDIA ONLINE YOUTUBE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 145-17 Dhu p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada zaman dimana teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, informasi merupakan hal yang penting, karena peranan informasi sangat besar bagi kehidupan dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan lain sebagainya. Informasi menjadi suatu kebutuhan manusia dan merupakan sekumpulan data yang memiliki berbagai macam bentuk yang dapat direkam atau ditransmisikan dengan bantuan koneksi internet. Salah satu contohnya adalah video, video adalah suatu rekaman digital berupa gambar dan suara yang direkam dengan suatu alat produk teknologi modern seperti kamera, smartphone, handicam, tablet, dll. Video-video tersebut bermacam-macam jenisnya tergantung untuk penggunaannya. Salah satu situs online terbesar internasional yang berfokus pada video adalah situs online YouTube (youtube.com). Seiring melonjaknya pemakaian YouTube, tidak lepas pula dengan tanggung jawabnya terutama tanggung jawab sebagai pengunggah video dalam situs online tersebut. Mempertimbangkan kondisi masyarakat yang masih belum melek hukum terhadap perlindungan kekayaaan intelektual dalam bentuk karya video, maka pembuatan penulisan hukum ini dianggap penting. Meskipun di Indonesia peraturan hukum yang berkaitan dengan internet belum ada, bukan alasan bagi para pengunggah video pada situs online YouTube untuk menjadikan internet sebagai media pelanggaran hak cipta. Diperlukan adanya kesadaran masyarakat maupun pihak-pihak yang terkait jasa pelayanan sharing video online terutama Pihak YouTube sebagai fasilitator. Hak kekayaan intelektual menjadi isu yang sensitif terlebih lagi dengan terjunnya Indonesia di globalisasi ekonomi mengingat banyaknya pihak asing yang mengeluhkan penegakan hukum soal pelanggaran hak cipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 145-17 Dhu p
Uncontrolled Keywords: Video, YouTube, Pengunggah Video di YouTube, Hak Kekayaan Intelektual, Pelanggaran Hak Cipta.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7550-7582 Intellectual property > K7555-7557 Copyright
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
IQBAL AHMAD DHUHA, 031311133141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Sujatmiko, Dr. , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Sep 2017 22:21
Last Modified: 18 Sep 2017 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61566
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item