ANALISIS MANAJEMEN KESELAMATAN PASIEN DALAM UPAYA PENGENDALIAN RISIKO JATUH (Studi Pada Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan)

EKO ARI BOWO, 101424253002 (2017) ANALISIS MANAJEMEN KESELAMATAN PASIEN DALAM UPAYA PENGENDALIAN RISIKO JATUH (Studi Pada Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS EKO ARI BOWO 101424253002.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (2MB)

Abstract

Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman. Pengkajian risiko jatuh merupakan salah satu dari sasaran program keselamatan pasien. Insiden risiko jatuh adalah manifestasi dari lemahnya pengawasan terhadap seluruh komponen rumah sakit mulai dari sistem hingga lingkungan kerja pada subjek yang berperan didalamnya. Tujuan dari penelitian ini menganalisis pelaksanaan manajemen keselamatan pasien dalam upaya pengendalian risiko jatuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan rancang bangun penelitian cross sectional study. Metode yang digunakan dengan cara kuisioner dan obsevasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lack of control (program keselamatan pasien, pengawasan, SOP, penyediaan sarana prasarana alat pelindung keselamatan pasien, pelatihan keselamatan pasien), basic cause (pengetahuan, sikap, pemeliharaan peralatan, hubungan interpersonal), Immediate Cause (tidak patuh Standar Operasional Prosedur, lingkungan kerja, peralatan kerja), Incident (risiko jatuh). Populasi adalah perawat ruang rawat inap dewasa di rumah sakit muhammadiyah lamongan. Sebanyak 88 sampel yang berasal dari semua unit atau bagian ruang rawat inap di rumah sakit muhammadiyah lamongan. Metode pemilihan sampel dari perawat ruang rawat inap dewasa adalah dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lack of control dengan basic cause (p= 0,000), tidak ada hubungan signifikan antara basic cause dengan immediate cause (p= 0,121) dan tidak ada hubungan antara immediate cause dengan Incident (p= 0,778). Kesimpulan bahwa faktor lack of control berhubungan dengan basic cause semakin lack of control keselamatan pasien semakin besar dampak terhadap basic cause. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk memperbaiki manajemen keselamatan pasien mencakup aspek perencanaan, monitoring, evaluasi, perbaikan dan mengadakan pelatihan keselamatan pasien secara bertahap untuk menciptakan budaya kerja yang sadar dengan keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK 12/17 Bow a
Uncontrolled Keywords: risiko jatuh, keselamatan pasien, rumah sakit
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
EKO ARI BOWO, 101424253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr., M.OH.,Sp.OKUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 21:54
Last Modified: 18 Sep 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61576
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item