UPAYA PENINGKATAN PERILAKU SELAMAT PADA PEKERJA ANGKAT ANGKUT DI PT. X

MICHAEL AGUNG IRIANTO, 101614253014 (2017) UPAYA PENINGKATAN PERILAKU SELAMAT PADA PEKERJA ANGKAT ANGKUT DI PT. X. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (full text)
Upaya Peningkatan Perilaku.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian untuk menganalisis hubungan program intervensi metode DOIT dengan score Safe Behaviour Index (SBI) pelaksanaan K3 angkat angkut di PT. X. Tujuan khusus: (a) mengukur SBI awal hasil observasi menggunakan Critical Behaviour Checklist (CBC), (b) mempelajari activators dan consequences melalui pelaksanaan Define pada metode DOIT, (c) mengukur SBI akhir menggunakan CBC setelah pelaksanaan intervensi, (d) menganalisis peningkatan perilaku selamat pekerja sebagai hasil Test pada metode DOIT. Penelitian menggunakan metode observasional pada 14 pekerja angkat dan angkut, meliputi operator forklift, reach truck, dan loader di PT.X. Metode DOIT dipilih sebagai kerangka konsep penelitian. Pada tahap Define, CBC disusun, ditetapkan, dan digunakan untuk melakukan observasi perilaku. Data define yang lain dikumpulkan melalui kuisioner yang diisi oleh para pekerja. Pada tahap Observe, CBC dipergunakan untuk observasi perilaku dan bahan masukan training. SBI awal adalah prosentase perilaku selamat dibagi total perilaku. Tahap Intervene melaksanakan training berdasarkan evaluasi CBC. Pada tahap Test dilakukan observasi ulang mengukur SBI paska intervensi. Hasil SBI akhir dibandingkan SBI awal untuk melihat perbedaan dan peningkatannya. Kesimpulan penelitian: (a) SBI awal 72% (kriteria tidak selamat). (b) Pelaksanaan define dan observe menentukan bentuk intervensi yang akan dilakukan, sedangkan tahap test mengukur peningkatan perilaku selamat hasil intervensi. Siklus DOIT adalah siklus continus improvement yang bermanfaat mengubah perilaku pekerja melalui perulangan, fokus pada perilaku tidak selamat, partisipasi pekerja serta komitmen jangka panjang dari perusahaan. (c) SBI akhir meningkat sebesar 17% menjadi 89%, (kriteria selamat). Dari uji t berpasangan, diketahui perubahannya sangat besar dan signifikan (p-value < 0,05). (d) Program intervensi melalui training meningkatkan perilaku selamat semua pekerja. Saran penelitian: (a) memanfaatkan data activator dan consequences untuk diintegrasikan dalam SMK3 dalam perbaikan berkelanjutan, (b) merutinkan program observasi perilaku dengan menggunakan CBC yang ada , (c) mengubah prosedur kerja sampling bahan baku dengan memperhatikan K3, (d) melakukan engineering control untuk towing bio mass.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK 23/17 Iri u
Uncontrolled Keywords: BBS, DOIT, safe behaviour index, training, angkat angkut
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
MICHAEL AGUNG IRIANTO, 101614253014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Rahim T, Dr.,Drs.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 23:39
Last Modified: 18 Sep 2017 23:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61599
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item