ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA NEAR MISS ACCIDENT DI PT LINTECH DUTA PRATAMA SURABAYA

RIZKI WIBISONO, 101424253003 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA NEAR MISS ACCIDENT DI PT LINTECH DUTA PRATAMA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS RIZKI WIBISONO 101424253003.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Near Miss Accident adalah peristiwa hampir merugikan baik bagi pekerja maupun perusahaan yang berhubungan dengan beberapa faktor yang mempengaruhi dalam melakukan pekerjaan seperti faktor organisasi perusahaan, pengawasan supervisor, kondisi lingkungan, dan unsafe action. telah terjadi 91 kecelakaan dari 582 near miss accident di 27 perusahaan konstruksi di Nigeria yang tercatat sejak 2008 hingga 2012 yang disebabkan oleh banyaknya near miss accident dan 29,80% dari kecelakaan konstruksi disebabkan oleh near miss accident. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis factor yang berhubungan dengan terjadinya near miss accident. Metode yang dilaksanakan yaitu dengan penelitian observasional kepada para pekerja unit produksi PT. Lintech Duta Pratama Surabaya dengan menggunakan kuesioner pertanyaan beberapa variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel karakteristik pekerja seperti masa kerja, pendidikan terakhir, dan pelatihan K3 tidak berhubungan dengan terjadinya near miss accident kecuali factor usia. Hasil pengujian dengan menggunakan Uji Spearman didapatkan variabel kelelahan kerja, motivasi K3, dan pengawasan supervisor tidak berhubungan dengan terjadinya near miss accident karena p-value lebih dari 0,05. Pengujian secara multivariable dengan menggunakan uji regresi logistik diketahui bahwa variabel yang berhubungan dengan terjadinya near miss accident paling dominan adalah pengawasan supervisor dengan odds ratio pengawasan supervisor kategori sedang berpotensi 0,186 kali terkena near miss accident dibandingkan pengawasan supervisor kategori baik. Kesimpulan: Ada hubungan antara faktor usia dan pengawasan supervisor dengan terjadinya near miss accident namun tidak dengan faktor masa kerja, pendidikan terakhir, pelatihan K3 kelelahan kerja, motivasi K3. Disarankan perusahaan membentuk alur koordinasi pengawasan supervisor unit produksi (painting, sanblosting, fabrikasi, dan engineering) dan membangun kerjasama yang baik antara Universitas dan lembaga pelatihan K3 agar tenaga kerja mengenal potensi bahaya alat kerja dan lingkungan kerja di perusahaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK 24/17 Wib a
Uncontrolled Keywords: Near Miss Accident, Karakteristik Individu, Kelelahan Kerja, Motivasi K3, Pengawasan Supervisor
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI WIBISONO, 101424253003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNoeroel W, Dr.,S.KM.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 23:43
Last Modified: 18 Sep 2017 23:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61600
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item