ANTESEDEN NEED FOR PRODUCT GENDER CONGRUITY DAN PENGARUHNYA TERHADAP RECEPTIVITY TO PRODUCT GENDER CUES PADA PRODUK PARFUM

Sufi Ikawardani, 040610065 (2011) ANTESEDEN NEED FOR PRODUCT GENDER CONGRUITY DAN PENGARUHNYA TERHADAP RECEPTIVITY TO PRODUCT GENDER CUES PADA PRODUK PARFUM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B. 299-11 Ika a abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B. 299-11 Ika a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui anteseden need for product gender congruity dan pengaruhnya terhadap receptivity to product gender cues pada produk parfum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis Multiple Linear Regression dan Simple Linear Regression. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar 200 kuesioner yang terpakai, disebarkan kepada mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya yang menggunakan parfum. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: maskulinitas, feminitas, self-congruency, untraditional role models, modern sex role perception, need for product gender congruity, receptivity to product gender cues. Hasil analisis membuktikan bahwa self-congruency berpengaruh signifikan secara positif terhadap need for product gender congruity, untraditional role models berpengaruh signifikan secara negatif terhadap need for product gender congruity. Namun, maskulinitas, feminitas dan modern sex role perception tidak berpengaruh signifikan terhadap need for product gender congruity. Selanjutnya need for product gender congruity berpengaruh signifikan secara positif terhadap receptivity to product gender cues. Implikasi untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya meneliti determinan lain seperti aspek sex (jenis kelamin) dan personality konsumen, juga diharapkan untuk meneliti responden dari kalangan yang berbeda, juga mungkin bisa dilakukan pengujian secara simultan menggunakan SEM (Structural Equation Model). Sedangkan implikasi bagi praktisi, hendaknya pemasar memahami target pasar agar dapat secara efektif menciptakan kesesuaian antara produk dengan konsumen dan tetap memelihara kemampuannya dalam menciptakan cues yang bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Sedangkan implikasi bagi akademisi, yaitu mendukung peran orang tua bagi perkembangan remaja, serta mendukung peran perbedaan individu dan keluarga sebagai referensi yang mempengaruhi sifat dan perilaku konsumen dan mendukung peran strategis pemasaran dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 299/11 Ika a
Uncontrolled Keywords: product gender, perfume, masculinity, femininity, self-congruency, untraditional role models, modern sex role perception, need for product gender congruity, receptivity to product gender cues.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Sufi Ikawardani, 040610065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorGancar Candra Premananto, SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 13 Feb 2012 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6164
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item