TEKNIK PEMBUATAN DAN APLIKASI PEMBERIAN PAKAN PADA PEMBESARAN IKAN MAS MAJALAYA (Cyprinus carpio L.) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR SUKABUMI PROPINSI JAWA BARAT

LARAS AYU MINTARARINI, 141311133080 (2017) TEKNIK PEMBUATAN DAN APLIKASI PEMBERIAN PAKAN PADA PEMBESARAN IKAN MAS MAJALAYA (Cyprinus carpio L.) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR SUKABUMI PROPINSI JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.60-17 Min t ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.60-17 Min t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan mas Majalaya merupakan salah satu jenis ikan mas air tawar yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, sehingga banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Usaha pembesaran ikan mas Majalaya intensif, memerlukan tersedianya pakan dalam jumlah yang cukup dengan protein yang tinggi dan pemberian pakan yang tepat waktu. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang teknik pembuatan dan aplikasi pemberian pakan pada pembesaran ikan mas Majalaya. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, Sukabumi, Propinsi Jawa Barat pada tanggal 18 Januari – 18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif. Teknik pembuatan pakan terdiri dari beberapa tahap yaitu pemilihan bahan baku, penyusunan formulasi, penimbangan bahan baku, pengadukan, pencetakan, pendinginan, pengemasan, penyimpanan. Pakan yang dihasilkan berupa tipe tenggelam dan terapung. Dalam pembuatan pakan tenggelam dan terapung yang menjadi perbedaan yaitu kandungan lemak dan proteinnya. Hasil analisa proksimat pakan tenggelam dan terapung menunjukkan kadar lemak sebesar 11,37% dan 7,91% sedangkan kadar protein masing- masing sebesar 24,76% dan 24,24%. Hasil evaluasi pertumbuhan ikan mas Majalaya di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi yang diberi pakan tenggelam tidak berbeda dengan ikan mas Majalaya yang diberi pakan terapung.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.60/17 Min t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
LARAS AYU MINTARARINI, 141311133080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Sep 2017 23:41
Last Modified: 26 Sep 2017 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61800
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item