HUBUNGAN MEROKOK DENGAN DERAJAT FUNGSIONAL PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT YANG DIUKUR DENGAN NIHSS DI RSUD Dr. SOETOMO

Yunike Tourisiana, dr, NIM011180307 (2017) HUBUNGAN MEROKOK DENGAN DERAJAT FUNGSIONAL PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT YANG DIUKUR DENGAN NIHSS DI RSUD Dr. SOETOMO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis_dr.Yunike Tourisiana.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Stroke iskemik merupakan jenis stroke terbanyak dengan prevalensi 87% dengan aterosklerosis sebagai salah satu penyebab oklusi lumen pembuluh darah otak. Merokok telah lama diketahui sebagai faktor risiko stroke yang dapat dimodifikasi. Paparan asap rokok menyebabkan aktivasi platelet, memicu cascade koagulasi dengan hasil akhir aterosklerosis. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara status merokok dengan derajat fungsional pasien stroke iskemik akut yang diukur dengan NIHSS. Metode Penelitian dilakukan dengan rancangan cross sectional dan sampling consecutive admission berdasarkan klinis dan gambaran imejing stroke iskemik akut. Data status merokok diperoleh melalui anamnesis pada saat pasien dirawat di rumah sakit didukung dengan kesaksian keluarga terdekat. Nilai NIHSS diperoleh pada hari pertama pasien dirawat di rumah sakit. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil Uji Chi Square dilakukan terhadap 48 subyek penelitian. Terdapat dua variabel yang perbedaannya bermakna secara statistik dengan p< 0,05 yaitu jenis kelamin dan merokok. Analisis dilanjutkan dengan regresi logistik untuk kedua variabel tersebut, dengan hasil menunjukkan tidak didapatkan hubungan antara merokok dengan derajat fungsional pasien stroke iskemik akut yang diukur dengan NIHSS, p = 0,57 dengan Adjusted Odds Ratio 1,5 (CI 95% 0,35 – 6,9).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.NEU 01/17 Tou h
Uncontrolled Keywords: Tidak didapatkan hubungan antara merokok dengan derajat fungsional pasien stroke iskemik akut yang diukur dengan NIHSS.
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Yunike Tourisiana, dr, NIM011180307NIM011180307
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.,Saiful Islam, dr., SpS(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 17:04
Last Modified: 27 Sep 2017 17:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item