KIDHUNG PIRANTI, 101311133243 (2017) ANALISIS MUTU PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA BERDASARKAN DIMENSI MUTU DABHOLKAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.
Text (Fulltext)
FKM.128.17 Pir a - Sec.pdf Restricted to Registered users only until 28 September 2020. Download (999kB) | Request a copy |
||
|
Text (Abstrak)
FKM.128.17 Pir a - Abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
Hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Instalasi Rawat Inap RSU Haji Surabaya mengalami peningkatan dari tahun 2012 hingga 2016 namun belum mencapai standar yang ditetapkan rumah sakit yaitu sebesar 85%. Terdapat beberapa unsur IKM dengan nilai di bawah nilai rata-rata unsur. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganlisis mutu pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Haji Surabaya berdasarkan Dimensi Mutu Dabholkar. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif terhadap unsur-unsur pelayanan berdasarkan Dimensi Mutu Dabholkar. Desain penelitian menggunakan rancang bangun cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling. Sehingga diperoleh 142 responden yang diteliti. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Matriks Posisi 2x2. Hasil analisis menggunakan Matriks Posisi 2x2 menghasilkan empat kuadran, yaitu pada Kuadran I (kepuasan rendah, kepentingan tinggi) terdapat delapan unsur yang merupakan isu strategis yang dapat menjadi masalah sehingga perlu segera diselesaikan, pada Kuadran II (kepuasan tinggi, kepentingan tinggi) terdapat 14 unsur yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan, pada Kuadran III (kepuasan tinggi, kepentingan rendah) terdapat tiga unsur yang perlu dipromosikan pentingnya pelayanan bagi pelanggan, pada Kuadran IV (kepuasan rendah, kepentingan rendah) terdapat tiga unsur yang perlu dipikirkan untuk ditiadakan karena tidak menjadi masalah bagi pihak rumah sakit. Unsur yang terletak di Kuadran I merupakan posisi yang perlu menjadi perhatian pihak rumah sakit karena pasien menilai sangat penting terhadap unsur pelayanan namun merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diterima. Kuadaran I merupakan isu strategis yang dapat menjadi masalah sehingga perlu diperhatikan dan harus segera diselesaikan oleh pihak rumah sakit untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM.128.17 Pir a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | matriks posisi 2x2, dimensi mutu dabholkar, kepuasan pasien, mutu layanan | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2017 22:19 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2017 22:19 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61851 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |