TEKNIK PEMIJAHAN IKAN LUNJAR PADI (Rasbora argyrotaenia) DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR TAWAR (UPT PBAT) UMBULAN, PASURUAN

EWING MAHENDRA PUTRA, 141311133051 (2017) TEKNIK PEMIJAHAN IKAN LUNJAR PADI (Rasbora argyrotaenia) DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR TAWAR (UPT PBAT) UMBULAN, PASURUAN. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.75-17 Put t ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.75-17 Put t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (731kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang dapat memenuhi kebutuhan protein masyarakat Indonesia. Ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi karena rasanya yang gurih. Pasokan ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) selama ini hanya mengandalkan tangkapan dari alam, dikhawatirkan dengan penangkapan yang cukup intensif populasi ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) akan menurun jika tidak dibudidayakan. Oleh karena itu dibutuhkan penguasaan teknik pemijahan ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini yaitu untuk mengetahui teknik pemijahan ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) di Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Budidaya Air Tawar (UPT PBAT) Umbulan, Pasuruan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UPT PBAT Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur pada tanggal 15 Januari 2016 sampai tanggal 12 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Persiapan yang dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapang adalah mempersiapkan peralatan dan bahan serta kesiapan induk yang akan digunakan untuk proses pemijahan ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia). Persiapan yang dilakukan bertujuan untuk memastikan peralatan dan induk yang digunakan pada proses pemijahan dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya. Teknik pemijahan ikan lunjar padi (Rasbora argyrotaenia) yang digunakan di PT PBAT Umbulan, menggunakan metode secara alami dengan menggunakan rasio pemijahan 2 jantan : 1 betina.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.75/17 Put t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
EWING MAHENDRA PUTRA, 141311133051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuni Triastuti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Sep 2017 23:25
Last Modified: 27 Sep 2017 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item