PENGARUH PENDIDIKAN GIZI BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP PERUBAHAN NIAT DAN PERILAKU SISWI UNTUK MEMBATASI FAST FOOD (STUDI DI SMA NEGERI 2 SIDOARJO)

WURI RIZKI HANDARBENY, 101311233007 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP PERUBAHAN NIAT DAN PERILAKU SISWI UNTUK MEMBATASI FAST FOOD (STUDI DI SMA NEGERI 2 SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.148.17 Han p - Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.148.17 Han p - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan makan yang kurang tepat menimbulkan persepsi bahwa makanan cepat saji merupakan tren dikalangan remaja. Kebiasaan konsumsi makanan cepat saji yang mempunyai tinggi kalori namun rendah zat gizi akan menimbulkan masalah gizi pada remaja. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi berbasis Theory of Planned Behavior terhadap perubahan pengetahuan, sikap, norma subyektif, PBC, dan niat membatasi fast food pada siswi di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen semu pada 32 siswi (16 siswi kelompok kontrol dan 16 siswi kelompok perlakuan) yang dipilih menggunakan simple random sampling. Pendidikan gizi berbasis TPB dilakukan selama 4 sesi. Kuesioner penelitian yang digunakan untuk meneliti berbasis TPB. Penilaian dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan 3 minggu setelah edukasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 21.0 menggunakan deskriptif statistik, Mannwhitney, dan Wilcoxon Signed Ranks. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pendidikan gizi berbasis theory of planned behavior pada kelompok perlakuan secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan (p<0,001), menurunkan sikap (p<0,001) dan norma subyektif (p<0,001) terhadap konsumsi fast food, meningkatkan perceived behavioral control (p<0,001) dan niat (p<0,001) terhadap pembatasan fast food, tetapi tidak signifikan terhadap penurunan konsumsi fast food (p=0,309) . Pendidikan gizi berbasis TPB dapat mempengaruhi sikap, norma subyektif, PBC, niat, tetapi tidak mempengaruhi pembatasan konsumsi fast food. Dengan demikian maka diperlukan pendidikan gizi sebagai program edukasi secara berkelanjutan di sekolah untuk merubah perilaku konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.148.17 Han p
Uncontrolled Keywords: fast food, theory of planned behavior, pengetahuan, sikap, norma subyektif, perceived behavioral control, niat, perilaku.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
WURI RIZKI HANDARBENY, 101311233007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrias Mahmudiono, , S.KM., M.PH., GCAS., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 16:02
Last Modified: 05 Dec 2017 16:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item