PENGALAMAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN RETARDASI MENTAL DI DESA SIDOHARJO KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO

IRMA FARIKHA, 131311133004 (2017) PENGALAMAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN RETARDASI MENTAL DI DESA SIDOHARJO KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 123-17 Far p Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 123-17 Far p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan anggota keluarga dengan retardasi mental akan menimbulkan beban bagi keluarga baik secara psikologis, fisik, finansial, sosial dan waktu. Keluarga akan mengalami proses transisi selama merawat anggota keluarga dengan retardasi mental dan pengalaman dari setiap keluarga akan bervariasi. Tujuan penelitian menguraikan secara mendalam tentang pengalaman keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan retardasi mental. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi dengan partisipan delapan orang. Teknik pengambilan partisipan secara purposive sampling. Pengambilan data pada delapan partisipan dengan indepth interview dan field note kemudian dianalisis dengan metode Coalizzi. Hasil: Penelitian ini menghasilkan enam belas tema yaitu beban keluarga, berduka, perubahan dalam keluarga, respon lingkungan, upaya mencari bantuan kesehatan, asal dukungan, bentuk dukungan, hambatan yang dirasakan keluarga, hambatan akses, pemberdayaan keluarga, mekanisme koping, peningkatan keterampilan anggota keluarga retardasi mental, perkembangan anggota keluarga retardasi mental, pengganti caregiver, kebijakan dan makna hidup. Diskusi: Keluarga akan mengalami proses transisi selama merawat anggota keluarga dengan retardasi mental. Proses transisi diawali dengan persepsi keluarga dengan keberadaan anggota keluarga retardasi mental. Persepsi keluarga akan mempengaruhi proses penerimaan keluarga. Penerimaan ini akan membuat keluarga mampu beradaptasi dan terlibat dengan pengalaman baru yang akan menjadi kebiasaan bagi keluarga dan akan mempermudah keluarga dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul selama merawat anggota keluarga dengan retardasi mental dan membuat keluarga memiliki harapan dan makna yang positif dalam hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.123/17 Far p
Uncontrolled Keywords: retardasi mental, keluarga, pengalaman merawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
IRMA FARIKHA, 131311133004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAh. YusufUNSPECIFIED
Thesis advisorRR. Dian Tristiana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Dec 2017 21:54
Last Modified: 07 Dec 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item