Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Pada Safety Compliance Dengan Safety Culture Sebagai Variabel Intervening Di PT.Pertamina (Persero) - MOR V

WELLY KUSWARA, 041514353057 (2017) Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Pada Safety Compliance Dengan Safety Culture Sebagai Variabel Intervening Di PT.Pertamina (Persero) - MOR V. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis_MM_WendyKenafiana.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Setiap perusahaan yang bergerak di bisnis atau industri minyak dan gas bumi selain membutuhkan biaya operasional yang cukup besar juga harus mempertimbangkan aspek HSE (Health, Safety, and Environment) dalam setiap tahapan proses bisnisnya. Berkaca dari kejadian kecelakaan kerja yang berdampak serius terhadap kelangsungan bisnis, PT.Pertamina (Persero) secara korporasi ingin mengambil pelajaran berharga agar kejadian tersebut tidak terjadi di Indonesia. Selama satu dekade terakhir sejak tahun 2004-2014, jumlah kecelakaan kerja (noncompliance) di PT.Pertamina (Persero) cukup tinggi yang menyebar cukup merata di Direktorat Explorasi, Direktorat Pengolahan, dan Direktorat Pemasaran, khususnya di Marketing Operation Region V dengan kecelakaan kerja yang cukup tinggi yang sebagian besar disebabkan oleh kesalahan manusia (human error) maka perlu dilakukan penelitian terhadap gaya kepemimpinan keselamatan kerja (safety leadership) untuk dapat mengetahui keterkaitan terhadap safety compliance dengan membentuk budaya keselamatan kerja (safety culture) yang mengakar dari level atas sampai ke level bawah. Dalam penelitian ini, penulis melakukan analisa pengaruh gaya kepemimpinan keselamatan kerja transformasional terhadap kepatuhan pekerja (safety compliance) dengan safety culture perusahaan sebagai variable intervening. Penelitian dilakukan secara metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner ke pekerja. Dari hasil penelitian ini menghasilkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap safety culture pekerja. Serta safety culture juga berpengaruh signifikan terhadap safety compliance pekerja. Namun gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap safety compliance secara langsung, melainkan harus melalui full mediasi dengan safety culture . Hal ini menunjukkan bahwa pimpinan, safety culture dan safety compliance harus menjadi satu kesatuan untuk mencapai target perusahaan dalam keselamatan kerja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 50/17 Kus a
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Safety Culture, Safety Compliance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WELLY KUSWARA, 041514353057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Siwi Agustina, Dr.,SE.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2017 20:15
Last Modified: 01 Oct 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item